Operasi Keselamatan Jaya, Lebih 40 Ribu Pengendara Melanggar Lalu Lintas

Ilustrasi kamera ETLE
Sumber :
  • Korlantas Polri

VIVA Metro – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat selama Operasi Keselamatan Jaya 2023 digelar dua pekan sejak 7 sampai 20 Februari 2023, puluhan ribu kendaraan kedapatan melanggar lalu lintas.

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

“Direktorat lalu lintas telah melakukan penindakan sebanyak 40.601," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarkat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Selasa, 21 Februari 2023.

Dari jumlah tersebut, ada yang hanya mendapat teguran yaitu sebanyak 34.132. Kemudian, sisanya mendapat tilang elektronik karena kedapatan terekam kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) saat melanggar. Jumlahnya ada sebanyak 6.469. Pelanggar terdiri dari pengendara roda dua juga empat.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Ribuan penindakan oleh Ditlantas melalui ETLE tersebut dilakukan dengan dua macam, yakni ETLE statis dan ETLE mobile," katanya.

7 Ribu Lebih Aparat Keamanan Amankan Putusan Sengketa Pilpres 2024 di MK Besok

Ada penurunan angka pelanggaran yang tercatat melalui ETLE statis tahun ini ketimbang tahun 2022. Sementara untuk ETLE mobile yang baru diluncurkan tahun ini mencatat adanya 1.766 pelanggaran.

“Terjadi trend penurunan angka pelanggaran di tahun 2023 pada ETLE statis sebanyak 4,31 persen dibandingkan dengan tahun 2022. Polda Metro Jaya tahun ini mencatat ada 1.766 pelanggaran,” katanya.

Mobil polisi lalu lintas Polda Metro Jaya yang dilengkapi kamera ETLE mobile.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Keselamatan Jaya 2023 selama dua pekan mulai 7 hingga 20 Februari 2023.

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran memimpin langsung apel gelar pasukan pelaksanaan operasi tersebut. Fadil mengatakan, pelaksanaan operasi bersifat persuasif dengan memberi imbauan kepada para pengendara. Dia memerintahkan anak buahnya yang bertugas di lapangan bersifat humanis dan simpatik.

"Saya mengingatkan petugas di lapangan yang terlibat agar melaksanakan tugas ini secara persuasif, humanis dan simpati, sebaik-baiknya dengan tanggung jawab menjaga keselamatan pribadi dan hindari pelanggaran," kata dia kepada wartawan, Selasa, 7 Februari 2023.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya