Pelecehan Seksual Terjadi di Transjakarta, Heru Budi Minta Pengamanan Ditingkatkan

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

VIVA Metro – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengimbau kepada seluruh jajaran Transjakarta agar lebih mementingkan pengamanan di dalam bus. 

Anjing Pelacak Juga Dikerahkan Amankan Sidang Putusan Pilpres di MK, Polri Ungkap Alasannya

Pasalnya, pelecehan seksual kerap terjadi di dalam bus Transjakarta dan hal itu menimbulkan keresahan bagi masyarakat pengguna transportasi umum.

"Saya nggak tahu kok ada perilaku seperti ini, nggak tahu juga. Tapi harus ditingkatin pengamanannya," ujar Heru kepada wartawan, Kamis, 23 Februari 2023.

Lecehkan Istri Pasien, Oknum Dokter di Palembang Jadi Tersangka

Tak hanya itu, Heru Budi juga meminta masyarakat pengguna transportasi umum ikut untuk mengawasi segala aktivitas, baik di dalam bus maupun di halte Transjakarta. Hal itu berguna untuk mencegah pelecehan seksual terulang kembali. "Itu salah satu yang saya minta untuk diawasi. Terus masyarakat ikut membantu," kata Heru.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali
Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila

Sebelumnya viral di media sosial Instagram video menyebutkan ada pelaku pelecehan seksual dalam bus Transjakarta.

Video itu menunjukkan seorang pria diduga pelaku pelecehan hendak diamankan oleh beberapa orang namun menolak. Salah satunya diposting akun Instagram @jktnewss. Dalam unggahannya disebutkan kalau pelecehan terhadi di bus TJ rute Monas-Pulogadung.

Terduga pelaku sempat nyungsep saat coba kabur dengan cara meloncat dari halte masuk ke lajur bus TJ. Kemudian aparat kepolisian bergerak cepat dan berhasil menangkap pelaku pelecehan seksual itu.

Busway / Transjakarta

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko. "Pelaku sudah diamankan," kata Trunoyudo kepada wartawan, Selasa, 21 Februari 2023.

Adapun, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Apriastini Bakri mengatakan pihaknya mengecam keras pelecehan seksual yang baru saja terjadi di bus rute Monas-Pulogadung dan seluruh aksi serupa di moda transportasi umum manapun.

"Kami mengecam keras dan tegas adanya pelecehan seksual di transportasi umum manapun khususnya TransJakarta. Siapapun pelakunya harus ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya