Detik-detik Rumah Roboh di Bidara Cina Diterjang Banjir, BPBD Beri Penjelasan

Rumah Roboh Diterjang Banjir di Kelurahan Bidara Cina, Jatinegara Jakarta Timur
Sumber :
  • tangkapan Layar/ Instagram

VIVA Metro – Sebuah rumah tingkat yang terletak di Jalan Puskesmas RW 06 Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, roboh akibat diterjang banjir aliran Sungai Ciliwung, pada Senin 27 Februari 2023 kemarin. 

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, kejadian robohnya rumah di bantaran Sungai Ciliwung itu terjadi pada sekitar pukul 16.00 WIB sore. 

"Longsor diakibatkan arus sungai Ciliwung yang deras," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI, Mohammad Insaf, dalam keterangan tertulisnya, Selasa 28 Februari 2023.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang
Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

Berdasarkan informasi yang dihimpun, rumah bercorak coklat muda itu memang sudah ditinggal pemiliknya sejak 6 bulan lalu. Maka saat ambruk, rumah tersebut tanpa penghuni.

Tetapi akibat ambruknya rumah tersebut, memberi dampak pada beberapa rumah yang ada di dekatnya.

"Bangunan tersebut kosong, sudah 6 bulan, dampaknya rumah kiri kanannya ada yang retak," katanya.

Sebelum ambruk, rumah tersebut juga sempat mengalami kerusakan di bagian teras. Atas ambruknya teras rumah itu, pemilik rumah tidak menetap di rumah itu lagi.

Saat ini, BPBD DKI memastikan kejadian tersebut sudah dalam penanganan oleh pihak Pemkot Jakarta Timur, Wakil Camat Jatinegara, Lurah Bidara Cina, Satpol PP, Dishub Kecamatan Jatinegara, Ketua RW 006 BIdara CIna, LMK RW 006 Bidara Cina dan anggota FKDM. 

"Tindak lanjutnya adalah pemilik untuk segera merelokasi rumahnya," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya