6 Fakta IMB Warga Dekat Depo Pertamina Plumpang yang Diterbitkan Anies

Foto Udara Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Metro – Depo atau Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang, Koja, Jakarta Utara, milik PT Pertamina (Persero) mengalami ledakan pada Jumat, 3 Maret 2023 malam. Saat ini kejadian kebakaran hebat itu masih diinvestigasi.

MK: Pasangan AMIN Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres, Prabowo-Gibran Belum Konfirmasi

Setelah kejadian banyak perbincangan dan melahirkan pertanyaan perihal izin mendirikan bangunan (IMB) di lahan milik Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara. Berikut deretan fakta IMB Warga Dekat Depo Pertamina Plumpang:

Situasi Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana
Survei Indikator: 51,3 Persen Pemilih Ganjar Puas dengan Penyelenggaraan Pemilu

Hebusan Isu

Isu ini dihembuskan oleh Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan, Gilbert Simanjuntak yang menyebut janji politik Anies Baswedan terhadap Kampung Tanah Merah.

Klaim Sudah Ajukan Fakta dan Logika, Cak Imin Pasrah Apapun Putusan MK

Mengecam Anies

Sekretaris Fraksi DPRD DKI Jakarta William A. Sarana mengecam Anies Baswedan yang sempat mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan atau IMB di Tanah Merah, lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpung, Jakarta Utara.

“Harusnya Pak Anies mengajak warga untuk pindah ke lokasi yang aman, ini malah dikasih IMB,” kata William, Minggu, 5 Maret 2023.

Ahok Sempat Mengajak Warga Pindah

Foto Udara Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

William mengatakan, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pernah mengajak warga untuk pindah karena adannya menempatkan warga di dekat Depo Pertamina sangat berbahaya.

“Pak BTP (Basuki Tjahaja Purnama) dulu pernah mengajak warga untuk pindah karena memang tidak aman berada dekat dengan Depo Pertamina,” ucapnya.

Lurah Setempat Buka Suara

Foto Udara Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lurah Rawa Badak Selatan, Suhaena buka suara soal terbitnya izin mendirikan bangunan (IMB) di lahan milik Pertamina, sekitar kebakaran lahan Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

Menurutnya, warga di Tanah Merah mengangongi IMB kawasan itu bukan IMB pribadi.

“Iya kalau itu, IMB kawasan. Jadi untuk mengakui bangunan saja, tapi bukan untuk izin,” kata Suhaena di Jakarta pada Minggu, 5 Maret 2023.

IMB Mendirikan bangunan Tidak dengan Izin

Ia menyatakan IMB kawasan diterbitkan itu hanya diperbolehkan mendirikan bangunan, tidak ada kaitannya dengan izin. "IMB untuk bangunan saja, bukan untuk lahan. Pemiliknya ya bangunan saja," ujarnya.

Tuntutan Anies Bertanggung Jawab

Foto Udara Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sejak awal sudah diketahui bahwa lahan di sekitar Depo Pertamina Plumpang tidak boleh ada yang melakukan uji coba dalam jarak tertentu. Lahan yang terkena kebakaran tadi adalah milik PT Pertamina.

"Lahan milik PT Pertamina akan ditempati warga tetapi oleh Anies sewaktu kunjungan Gubernur diberi IMB, yang jelas bertentangan dengan peraturan," ujar Gilbert dalam keterangannya pada Sabtu, 4 Maret 2023.

Gilbert menilai IMB yang dikeluarkan Anies Baswedan saat pencabutan Gubernur DKI membuat persoalan semakin pelik. Menurutnya, saat itu Anies terkesan lebih mementingkan pemenuhan janji kampanye walau harus merusak aturan. "Kesalahan itu tidak sepatutnya berulang."

Diketahui mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) Sementara kepada penduduk Kampung Tanah Merah pada Sabtu, 16 Oktober 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya