Depo Pertamina Plumpang Bakal Dipindahkan, Warga: Lebih Baik Begitu

Situasi Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

VIVA Metro – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memilih untuk memindahkan Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara ke tanah milik PT Pelindo. Sejumlah warga yang terdampak kebakaran Depo Pertamina kemarin pun turut memberikan respons.

Heru Budi Ingatkan Petugas Kesehatan Jangan Tolak Pasien TBC dari Luar Jakarta

Salah satunya, warga bernama Abdul Jamil (46), turut mengamini terkait dengan keputusan dari Erick Thohir. Kata dia, Depo Pertamina itu sudah seharusnya dipindahkan dari kawasan Koja, Jakarta Utara.

"Sebenarnya memang pilihan itu harus ada dua, pertama, Deponya yang pindah, atau warga yang pindah. Tapi, kalau Depo nya yang pindah, itu lebih baik. Karena, warga sudah terlalu banyak dan untuk pengganti warga itu terlalu besar, lebih biak Depo nya yang pindah dan mencari tempat yang lebih aman," kata Abdul saat ditemui wartawan di lokasi kebakaran, Senin 6 Maret 2023.

Pertamina dan Polri Tandatangani Kerja Sama Pengamanan Objek Vital Nasional

Rumah warga utuh meskipun dekat dengan lokasi kebakaran depo pertamina Plumpang

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Kemudian, ia pun menegaskan bahwa dirinya tidak mau pindah dari kawasan Jalan Tamah Merah Bawah pasca-kebakaran Depo Pertamina. Sebab, ia memiliki hak yang lebih untuk mempertahankan rumahnya.

Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite Sesuai Penugasan Pemerintah

"Kalau warga yang disuruh pindah, ini warga juga resmi, karena sertifikat. Andaikan diganti, itu beli triliunan, saya yakin. Lebih baik pindah aja Depo nya. Lebih aman," ucap dia.

Abdul menjelaskan bahwa kebakaran untuk Depo Pertamina ini merupakan kali kedua. Maka demikian, ia juga berharap agar Depo Pertamina yang dipindahkan dari kawasan Koja, Jakarta Utara.

"Karena ini sudah kejadian bukan sekali atau dua kali. Sudah sering terjadi, dan antisipasinya Pertamina kurang baik penanganan bencana, itu kurang," beber dia.

Tak hanya Abdul yang sepakat bahwa Depo Pertamina yang harus dipindahkan. Ani warga lainnya yang tinggal di kawasan Jalan Tanah Merah Bawah itu juga sepakat dengan keputusan yang dipilih oleh Erick Thohir.

Situasi Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

"Sebenarnya bagus sih kalau deponya yang di pindah," ucap Ani.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan, Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara akan dipindahkan ke tanah milik PT Pelindo. Pemindahan dilakukan karena alasan keamanan, yang mana akibat dari kebakaran hebat yang terjadi pada Jumat, malam lalu. 

Erick mengatakan, pemindahan depo ke tanah milik PT Pelindo itu memerlukan waktu 2 tahun hingga 2,5 tahun. Dalam hal ini pembangunan baru akan dimulai pada akhir 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya