Politisi Gerindra Ini Setuju Pertamina Plumpang Pindah, Bukan Gusur Warga

Foto Udara Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Metro – Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Gerindra, S Andyka mengaku lebih setuju jika Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara yang dipindahkan daripada harus menggusur atau merelokasi warga.

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

"Nah kalau ditanya saya lebih sepakat yang mana, saya lebih sepakat ya jangan warga yang digusur, jangan warga yang dipindahkan. Saya lebih setuju deponya yang dipindah," kata Andyka kepada wartawan di Balaikota DKI Jakarta, Rabu 8 Maret 2023.

Legislator dapil Jakarta II yang meliputi kecamatan Cilincing, Koja dan Kelapa Gading, itu mengatakan pemerintah harus menata kembali tempat peninggalan Depo Pertamina itu untuk menjadi lebih baik.

Sinyal PKB Merapat ke Prabowo, Presiden PKS: Kita Hormati Keputusan Pak Muhaimin

"Deponya dipindah, kemudian lingkungan tempat warga di Plumpang itu dari RW 01 sampe RW 08 itu bisa di tata lebih baik lagi," katanya.

Kendati demikian, Andyka berharap agar pemerintah pusat melakukan sosialisasi kepada warga jika pemindahan Depo Pertamina itu telah diputuskan. Sosialisasi itu, lanjut dia, menjadi penting guna mencegah masalah yang berpotensi timbul setelah pemindahan Depo Pertamina.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

"Harus disosialisasikan juga dong kepada masyarakat disana harus jadi apa. Apakah nanti akan membuat masalah baru lagi buat warga," tutur Andyka.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan, Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara akan dipindahkan ke tanah milik PT Pelindo. Pemindahan dilakukan karena alasan keamanan, yang mana akibat dari kebakaran hebat yang memakan korban jiwa dari warga sekitar yang terjadi pada Jumat malam 3 Maret 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya