Polri Terjunkan 1.753 Personel Amankan Demo Buruh di Depan DPR Hari ini

Ilustrasi anggota Polisi
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA Metro – Polisi menyiapkan skema pengamanan terkait rencana massa buruh menggelar demonstrasi di depan gedung DPR/MPR RI, hari ini, Senin, 13 Maret 2023. Dalam aksi demo ini, ada beberapa tuntutan yang didesak mereka.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

Pertama menolak pengesahan Undang-Undng Omnibus Law Cipta Kerja dalam Sidang Paripurna DPR RI. Kemudian juga mendesak agar RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga atau PPRT segera disahkan. Lalu menuntut agar dilakukan audit forensik penerimaan pajak negara untuk mencopot Dirjen Pajak.

Ilustrasi demo buruh.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Pun mereka juga menyuarakan penolakan terhadap RUU Kesehatan. Sedikitnya ada 1.753 personel gabungan disiagakan guna mengawal demo agar berjalan aman. Hal tersebut diungkap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko.

"Total personel gabungan sebanyak 1.753 orang untuk pengamanan aksi," ujar dia kepada wartawan, Senin 13 Maret 2023.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Dirinya mengatakan, ribuan personel gabungan ini terdiri dari 1.474 personel Polda Metro Jaya, 160 personel dari Polres jajaran, 100 personel TNI dan 99 personel Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ribuan buruh demo di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu, 10 Agustus 2022.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Barat ini menyebut pihaknya juga telah menyiapkan rencama rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan gedung DPR/MPR RI buntut demo tersebut. Namun, lanjutnya, rekayasa lalin masih bersifat situasional. Artinya, melihat perkembangan di lokasi.

"Rekayasa lalu lintas disiapkan, sejauh ini masih situasional," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya