DPRD DKI Akan Panggil BUMD Tanya Alasan Mundurnya Kuncoro Wibowo dari Dirut Transjakarta

Kuncoro Wibowo
Sumber :
  • Twitter: M Kuncoro Wibowo

VIVA Metro – Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Ismail mengatakan pihaknya akan memanggil Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terkait dengan mundurnya direktur utama (Dirut) PT Transjakarta, M Kuncoro Wibowo

Utusan Khusus PBB Untuk Libya Resmi Mengumumkan Pengunduran Diri Karena Alasan Ini

Diketahui, M Kuncoro Wibowo menyatakan pengunduran diri sebagai Dirut PT Transjakarta pada Senin, 13 Maret 2023. Padahal, Kuncoro baru menjabat selama kurang lebih dua bulan. Belum diketahui secara pasti alasan Kuncoro Wibowo mengundurkan diri sebagai Dirut PT Transjakarta.

"Ya paling tidak kami panggil BP BUMD untuk mempertanyakan kenapa alasannya (mengundurkan diri sebagai Dirut PT Transjakarta) ini. Karena kami juga enggak tahu alasan konkritnya," kata Ismail kepada wartawan, Selasa, 14 Maret 2023.

Lebih dari 92 Ribu NIK Warga DKI Bakal Dinonaktifkan Pekan Ini

Ismail mengatakan pihaknya belum mengetahui alasan secara pasti Kuncoro Wibowo mengundurkan diri. Adapun pemanggilan BUMD ini diharapkan dapat membuka alasan Kuncoro mengundurkan diri sehingga bisa menjadi acuan Pemprov DKI sebelum menyeleksi calon pengganti Kuncoro Wibowo.

PKS Tak Jagokan Anies Baswedan Maju Pilkada DKI tapi Tiga Sosok Ini

"Kalau tadi kan katanya tidak mampu karena menangani masalah yang ada. Dari situ ia harus diungkap masalahnya itu apa, sehingga ini akan menjadi acuan ketika kita nanti ada seleksi calon penggantinya. Kami minta orang yang memang bisa menangani ini (masalah)," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Utama (Dirut) Transjakarta, M Kuncoro Wibowo dikabarkan mengundurkan diri.  Kuncoro diketahui baru menjabat Dirut Transjakarta sejak Januari 2023 lalu.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Manuara Siahaan membenarkan isu terkait pengunduran diri Kuncoro Wibowo sebagai Dirut Transjakarta. "Iya, betul ada informasi seperti itu (Kuncoro Wibowo mundur dari direktur utama PT Transjakarta)," ujar Manuara kepada wartawan, Senin, 13 Maret 2023.

Politikus PDI Perjuangan itu mengaku tidak mengetahui terkait kinerja dari Kuncoro Wibowo saat menjabat sebagai Dirut Transjakarta. Pasalnya, beberapa kali rapat Komisi B DPRD DKI Jakarta dengan Transjakarta ditunda.

"Gimana mau kami nilai kinerjanya, (Kuncoro) baru beberapa bulan (menjabat). Rapat aja belum pernah, rapat diundur-undur, dua kali," ujar Manuara.

Ilustrasi Bus TransJakarta

Photo :
  • Fajar GM - VIVA.co.id

Kendati demikian, Manuara tidak mengetahui informasi secara detail terkait pengunduran diri Kuncoro Wibowo itu. "Saya enggak tahu resminya seperti apa, tapi informasinya begitu. Kita enggak mengerti, tahu-tahu mengundurkan diri, berarti ada apa?" katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pembina BUMD DKI Jakarta Fitria Rahardiani mengaku belum menerima surat pengunduran diri Kuncoro Wibowo.

"Saya belum terima suratnya (surat pengunduran diri). Jadi, saya enggak bisa jawab karena enggak terima suratnya," ucap Fitria.

Fitria sebelumnya juga mengatakan, dengan diangkatnya Kuncoro Wibowo yang memiliki pengalaman sebagai Managing Director di PT Kereta Api Indonesia (KAI), diharapkan bisa memperkuat sistem internal untuk keamanan hingga keselamatan transportasi.

“Diharapkan mampu mewujudkan PT Transportasi Jakarta menjadi katalis integrasi dan menguatkan sistem internal untuk keamanan, kenyamanan dan keselamatan transportasi publik,” kata Plt Kepala BP BUMD DKI Jakarta Fitria Rahadiani dalam keterangannya, Rabu, 11 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya