Komitmen Kurangi Emisi di Jakarta, Bakrie Group Kembali Serahkan 22 Bus Listrik

Serah Terima Bus Listrik VKTR
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Metro – PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) semakin menunjukkan kesungguhannya dalam mendukung upaya pemerintah melakukan transisi menuju penggunaan energi hijau, terutama di bidang elektrifikasi transportasi di DKI Jakarta

Kereta Cepat Tak Bikin Pemudik Berpaling dari Shuttle Bus

Perseroan melalui unit usaha PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) kini melakukan serah terima sejumlah 22 unit bus listrik kepada PT Mayasari Bakti, selaku salah satu operator Transjakarta, di Jakarta, Selasa 14 Maret 2023.

Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk merangkap Komisaris Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas, Anindya Novyan Bakrie mengatakan, pasokan bus listrik ini merupakan wujud komitmen dari grup Bakrie untuk melakukan transisi energi khususnya pengembangan industri elektrifikasi transportasi.

Menhub Pede Mudik Lebaran Bakal Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2024

"Kami berharap dapat membantu menghadirkan solusi transportasi hijau untuk kota Jakarta sekaligus mendukung secara penuh target pemerintah dalam mencapai Net Zero Emission di 2060," ujar Anindya Bakrie, Selasa 14 Maret 2023.

Daimler Ungkap Tantangan Hadirkan Bus Listrik ke Pasar Indonesia

Anindya Bakrie juga berharap agar penyerahan 22 unit bus listrik ini juga dapat berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. Serta dukungan dari semua pihak, termasuk Kemenhub, Kemenkomarves dan Transjakarta dapat mendukung penuh.

"Dan harapan tentunya dari segala macam pihak untuk bersama-sama saling mendukung dan membuat dari Transjakarta jumlahnya tidak sedikit bahkan, kalau tidak salah sampai 10 ribu bus," katanya.

Serah Terima Bus Listrik VKTR

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sementara itu, CEO VKTR, Gilarsi W Setijono memaparkan tentang kelanjutan kemitraan pihaknya dengan pelaku industri kendaraan listrik terbesar di dunia, BYD Auto. Gilarsi juga menekankan tentang pentingnya VKTR meningkatkan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) produk manufaktur bus mereka.

"Kami terus memperkuat dan mengembangkan partnership strategis dengan BYD. Saat ini kami mendatangkan langsung bus tipe K-9 secara CBU (completely built-up) langsung dari pabrik BYD di Shenzhen, Cina. Tahap selanjutnya, kami mulai merintis proses pembangunan fasilitas perakitan di Indonesia, tentu dengan bantuan keahlian dari BYD juga," kata Gilarsi.

Serah Terima Bus Listrik VKTR

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Kami berharap, bus listrik yang kami luncurkan berikutnya akan menjalani sebagian proses perakitan secara lokal," sambungnya.

Kemudian, Direktur Operasional & Keselamatan PT Transjakarta Yoga Adi Winarto menyampaikan apresiasinya atas kerja sama pihak-pihak yang terlibat dalam proses elektrifikasi armada bus yang ia operasikan.

"Kami sangat terbantu dan tentunya berterimakasih kepada PT Mayasari Bakti dan juga VKTR, karena kepeloporan mereka lah upaya penggunaan tenaga listrik untuk armada bus kami menjadi dapat terlaksana. Semoga target me-listrik-kan seluruh armada kami bisa segera tercapai," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya