PA 212 Mau Demo Tolak Israel di Piala Dunia U-20 Hari Ini

Timnas Israel lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia.
Sumber :
  • instagram.com/israel_football_association

VIVA Metro – Demo menolak kedatangan tim sepakbola Israel ke Indonesia untuk mengikuti Piala Dunia U-20 2023, berlanjut di Tanah Air.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Berdasar selebaran, rencananya Persaudaraan Alumni 212 bakal menggelar aksinya hari ini, Senin 20 Maret 2023. Unjuk rasa tersebut dinamakan aksi 203.

"Bersama PA 212, tolak kedatangan timnas sepakbola Israel U20 ke Indonesia," demikian seperti dikutip, Senin 20 Maret 2023.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Rencananya demonstrasi akan digelar siang hari sekitar pukul 13.00 WIB hingga selesai. Sementara itu, untuk titik kumpulnya di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha alias Patung Kuda Indosat, Gambir, Jakarta Pusat atau disekitaran kawasan Monumen Nasional (Monas). Belum diketahui berapa banyak massa yang bakal turun ke jalan mengikuti unjuk rasa ini.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Sebelumnya diberitakan, sebanyak seribuan umat Islam dari Solo Raya yang tergabung dalam Aliansi Solo Raya menggelar demo menolak kedatangan tim sepakbola Israel ke Indonesia untuk mengikuti Piala Dunia U-20 2023. Tim Israel merupakan salah satu negara peserta yang akan mengikuti Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Peserta aksi demo penolakan kehadiran Israel dalam Piala Dunia U-20 berasal dari berbagai elemen umat Islam di wilayah Solo Raya. Bahkan, santri dan pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Cemani, Abu Bakar Baasyir juga mengikuti aksi demo yang dipusatkan di Bundaran Gladak, Solo.

Demo tolak Israel di Piala Dunia U-20 2023

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Demo penolakan Israel yang bakal bertanding sepakbola di Indonesia dalam perhelatan Piala Duni U-20 itu mendapatkan pengawalan yang ketat dari petugas kepolisian dan TNI. Para peserta aksi demo tampak membentangkan poster dan spanduk yang berisi tuntutan penolakan kedatangan Timnas Israel ke di Indonesia.

Menurut juru bicara Aliansi Solo Raya, Endro Sudarsono, aksi demo yang diikuti sejumlah elemen umat Islam dari Solo Raya itu menyampaikan pernyataan sikap terkait penolakan terhadap kehadiran Timnas Israel. Menurutnya, Indonesia memiliki kontitutsi anti penjajahan yang termaktub dalam pembukaan Undang-undang 1945.

"Dalam alinea pertama bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajagan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan,” kata dia, Jumat, 17 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya