PT KA Akan Naikkan Harga Tiket Semua Rute

Kereta Api
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Masyarakat pengguna jasa kereta api siap-siaplah untuk merogoh kocek lebih dalam lagi. Pasalnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) tengah mengusulkan kenaikan harga tiket, baik kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek maupun kereta jurusan jarak jauh.

Khusus untuk KRL Jabodetabek, kenaikan yang diusulkan bervariasi, mulai dari Rp 1.000 sampai Rp 3.000 atau berdasarkan kelasnya. Sementara untuk kereta jurusan jarak jauh, rencananya naik sampai 12 persen.

“Usulan ini telah kami sampaikan ke Kementerian Perhubungan (Kemhub),” kata Sugeng Priyono, Kepala Humas PT KA Daops I, Jumat 18 Juni 2010.

Dikatakan, usulan kenaikan harga tiket kereta telah diajukan ke pemerintah pusat sejak Maret 2010. Sekarang, pembahasannya masih berlangsung. Diharapkan, keputusan kenaikan tarif ini keluar dalam waktu dekat.

Sugeng menyatakan usulan kenaikan harga tiket ini, antara lain dilakukan untuk menyesuaikan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) terhadap traksi KRL sebesar sembilan persen.

Alasan menaikkan harga tiket kereta, khususnya KRL kelas ekonomi, karena belum pernah mengalami kenaikan sejak 2004. Bahkan, harga tiket KRL kelas ekonomi pernah diturunkan pada 2008.

Sugeng menilai kenaikan harga tiket yang diusulkan PT KAI ini masih dapat terjangkau masyarakat pengguna layanan kereta. Sebab, sebelum usulan disampaikan ke pemerintah, PT KAI telah melakukan berbagai survei kepada konsumen.

“Dibanding angkutan umum lainnya kereta masih akan tetap lebih murah,” katanya. (umi)

 

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023
Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024