Jadi Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto: Jakarta Harus Dijaga Sebagai Rumah Bersama

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto
Sumber :
  • dok Polri

VIVA Metro – Kapolda Metro Jaya kini resmi dijabat oleh Irjen Karyoto menggantikan Irjen Fadil Imran yang kini menjadi Kabaharkam Polri.

Polisi Usul WFH di Bali saat World Water Forum Berlangsung Supaya Tidak Macet

Diamanahkan menjadi Kapolda Metro Kaya, Irjen Karyoto mengatakan siap menggantikan Irjen Fadil untuk menjaga keamanan ibu Kota Jakarta.

"Saya sudah resmi menjadi Kapolda Metro, tentunya ini adalah kehormatan dan amanah yang harus saya laksanakan. Dan ke depannya beberapa hal yang disampaikan bapak Fadil Imran selaku Kapolda terdahulu dan saya siap menjalankan segala tugas yang saya mampu kepada masyarakat Jakarta," ujar Karyoto dalam sambutannya di acara pisah sambut Kapolda Metro Jaya, Senin, 3 April 2023.

Polri Sebut Bus Maut yang Bawa Rombongan SMK Asal Depok Sudah Pindah Tangan, Kok Bisa?

Karyoto mengatakan dirinya akan konsentrasi pada penanganan Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia, yang memiliki masyarakat berbeda dengan masyarakat pada umumnya di wilayah lain.

MUI Yakin Polisi Punya Bukti Kuat Jadikan Panji Gumilang Tersangka TPPU

"Karena masyarakat Jakarta bukan hanya masyarakat biasa, isinya ada ibu kota itu yang harus betul-betul kita jaga sebagai rumah bersama," ujarnya.

Karyoto mengatakan pihaknya nanti akan melihat beberapa pertimbangan dalam membuat peraturan, salah satunya agenda masyarakat di DKI Jakarta.

"Polisi bertugas itu melihat beberapa pertimbangan dan rujukan. Salah satunya agenda masyarakat kalender Kamtibmas, itu selalu menjadi rujukan," ujarnya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto di Gedung Rupatama Mabes Polri.

Photo :
  • Viva.co.id/ Yeni Lestari

Karyoto optimis dirinya bisa menjalankan amanahnya sebagai Kapolda Metro Jaya yang baru dan berkualitas.

"Mudah-mudahan ke depan saya bisa menjalankan amanah ini dengan baik, dan semua pihak dapat memberikan dukungan yang baik untuk bangsa dan negara," ujarnya.

Sebelumnya, As SDM Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melantik tujuh perwira tinggi Polri sebagai Kapolda di berbagai wilayah Indonesia.

"Ada beberapa, Kapolda Jabar, Kapolda Lampung, Kapolda Metro Jaya, kemudian Kapolda Sulawesi Tengah, Kapolda Gorontalo, Kapolda Kalimantan Barat. Itu ada beberapa kapolda yang melaksanakan serah terima hari ini," ujar Dedi di Mabes Polri.

Diketahui tujuh perwira tinggi yang dilantik menjadi kapolda adalah Irjen Karyoto sebagai Kapolda Metro Jaya, Irjen Agus Nugroho sebagai Kapolda Sulawesi Tengah, dan Irjen Helmy Santika menjadi Kapolda Lampung, Irjen Akhmad Wiyagus sebagai Kapolda Jawa Barat, Irjen Angesta Romano Yoyol menjadi Kapolda Gorontalo, lalu Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso sebagai Kapolda Sulawesi Selatan, Brigjen Pipit Rismanto, yang sebelumnya menjabat Dirtipidter Bareskrim Polri, menjadi Kapolda Kalimantan Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya