Ibunda Jane Akan Bersaksi di Sidang Alter

Alter (baju hitam) dan Jane (baju putih)
Sumber :
  • Facebook

VIVAnews - Alterina Hofan, terdakwa kasus dugaan pemalsuan identitas  kembali menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin 21 Juni 2010. Sidang hari ini akan digelar dengan agenda memintai keterangan saksi.

Dalam persidangan nanti, jaksa penuntut umum Sutikno, akan menghadirkan oangtua Jane Deviyanti, Maria Grace dan Ria pembantu Jane, untuk memberikan keterangan sebagai saksi dalam persidangan. 

Sidang dipimpin ketua majelis hakim Sudarwin, Ida Bagus dan Mien Trisnawati sebagai wakilnya. Persidangan yang rencananya akan digelar pada pukul 10.00 WIB, hingga kini belum juga dimulai.

Kuasa hukum terdakwa, Ibnu Siena Batayan berharap kedua saksi dapat menjelaskan seluruh ucapannya sesuai dengan fakta dan bukan mengenai pendapat.

"Kita pasti akan keberatan jika tidak memberikan penjelasan sesuai dengan fakta," ujar Ibnu saat dihubungi VIVAnews, Senin 21 Juni 2010.

Alter adalah seorang transgender. Dia dilaporkan mertuanya ke polisi karena dinilai melakukan pemalsuan dokumen dan penipuan identitas sebelum menikahi Jane Deviyanti Hadipoespito, putri salah satu pendiri Universitas Bina Nusantara.

Keberatan orang tua Jane terhadap pernikahan Alter dan Jane, antara lain karena mereka beranggapan bahwa Alter berjenis kelamin perempuan. Itu didasarkan sejumlah alat bukti yang dipunyai keluarga Jane. Itulah dasarnya, mereka melaporkan Alter ke Polda Metro Jaya pada akhir 2009 lalu.

Kemudian Alter dibidik dengan Pasal 266 KUHP tentang pemalsuan identitas dalam akta otentik, juncto Pasal 263 KUHP dan Pasal 378 KUHP tentang penipuan. (adi)

Polda Metro Jaya Dalami Soal Laporan Dugaan Penistaan Agama Pendeta Gilbert
Pemain Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 Vs Australia U-23, Nathan Tjoe-A-On Jadi Starter

Timnas Indonesia U-23 bakal melakoni laga kedua di penyisihan Grup A Piala Asia U 23 2024. Armada Shin Tae yong menghadapi Timnas Australia U-23.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024