Perayaan Hari Paskah, Gereja di Tangerang Dijaga Tim Penjinak Bom

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA Metro - Polres Metro Tangerang Kota menyiagakan tim penjinak bom atau jimbo di seluruh gereja wilayah Tangerang dalam rangka pengamanan perayaan Hari Paskah, Jumat, 7 April 2023.

Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur

Secara keseluruhan sebanyak 230 personel disebar di seluruh gereja untuk mengamankan rangkaian kegiatan peribadatan di antaranya Rabu Abu, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci hingga Minggu Paskah. Yang mana, hak itu menjadi perhatian personil pengamanan menciptakan situasi aman dan kondusif. 

"Tim jibom kita terjunkan menjaga gereja yang ada dan melaksanakan, begitu juga personel pengamanan yang lain dengan total keseluruham 230 personel," jata Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho. 

6 Tradisi Unik Merayakan Hari Paskah dari Berbagai Negara

Gereja Santa Odilia Citra Raya, Panongan, Tangerang.

Photo :
  • VIVA/ Sherly.

Lanjut dia, pengaman dilakukan guna mencegah terjadinya gangguan keamanan saat proses beribadatan umat kristiani sedang berlangsung. Tidak hanya itu, dilakukan juga proses sterilisasi terhadap gereja-gereja tersebut. 

30 Ucapan Selamat Paskah yang Penuh Makna untuk Teman dan Keluarga

"Tim Jibom diturunkan guna memastikan tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Dan sebelum melakukan kegiatan peribadatan, sterilisasi dilaksanakan oleh Jibom Gegana Polda Metro Jaya," ujarnya. 

Selama sterilisasi, tidak ditemukan potensi kerawanan termasuk tidak adanya benda yang mencurigakan seperti bom maupun bahan peledak lain dan situasi aman dan kondusif. 

"Pengamanan kita lakukan secara humanis dan persuasif. Mulai dari skema parkir hingga pemeriksaan barang bawaan Jamaat, supaya pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya