Tidak di JIS, Ketua DPRD DKI Dukung Salat Idul Fitri di Masjid Balaikota

Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi Bersama Pj Gubernur Heru Budi Hartono
Sumber :
  • VIVA/ Riyan Rizki Roshali

VIVA Metro – Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, akan ikut salat Idul Fitri di Masjid Fatahillah yang berdiri di Balaikota DKI Jakarta. Pelaksaan pada tahun ini tidak digelar di Jakarta Internasional Stadium atau JIS, seperti era Gubernur Anies Baswedan.

Jokowi: Prabowo-Gibran Harus Siapkan Perencanaan untuk Wujudkan Janji Kampanye

Politisi PDIP yang akrab disapa Pras, itu mengatakan pembangunan masjid di Balaikota itu merupakan cita-cita Gubernur DKI terdahulu. 

Direncakan saat Jokowi menjabat Gubernur pada 2012. Tetapi baru dieksekusi hingga berdiri masjid tersebut di era kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau BTP (Ahok).

Respons Santai Jokowi Sudah Tak Dianggap Kader PDIP Lagi: Terima Kasih

jokowi resmikan masjid pertama di balaikota

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

"Seperti saat Pak Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta ingin Balaikota punya masjid kemudian dilanjutkan pembangunannya dan terwujud pada saat sohib saya Basuki (Ahok) menjadi Gubernur," kata Edi dikutip dari Instagram pribadinya @prasetyoedimarsudi, Sabtu 8 April 2023.

Proyek Bangun Masjid Mantan K-Pop Daud Kim di Incheon: Kontroversi Memanas, Warga Menolak!

Sampai sekarang, lanjut Pras, Masjid Fatahillah Balaikota dimakmurkan selain oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga pegawai Pemprov dan DPRD DKI Jakarta, juga warga hingga pegawai kantor di sekitar. Baik yang ada di Jalan Raya Kebon Sirih maupun Jalan Medan Merdeka Selatan. 

"Jadi kalau ASN hingga pegawai menginginkan Salat Idul Fitri 1444 H di Masjid Fatahillah Balaikota yaitu wajar," kata Pras.

"Karena memang mereka ingin yang simple-simple merayakan Hari Raya dilingkungan kerja bersama keluarga, setelahnya kan mungkin bisa dipakai untuk saling bersilaturahmi," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, mengungkap alasannya tak menggelar salat Idul Fitri tahun 2023 di Jakarta Internasional Stadion (JIS). Heru telah melakukan diskusi dengan para ASN Pemerintah Provinsi DKI Jakarta soal salat Idul Fitri.

"Saya sih simpel-simpel aja di Balaikota, karena dari hasil obrol-obrol kebanyakan minta di balai kota, para karyawan ya, saya di sini," kata Heru Budi kepada wartawan di Balaikota DKI Jakarta, Kamis 6 April 2023.

Eks Wali Kota Jakarta Utara itu mengaku bertanya kepada para ASN di Balaikota. Heru Budi mengaku mengikuti pilihan para ASN-nya. "Iya, 'mau sholat Id di mana sih teman-teman?' 'Di sini aja pak (Balaikota) kita, gampang'. Ya udah saya ngikut, saya rasa sudah fix di Balaikota," kata Heru.

Heru Budi memutuskan untuk melaksanakan salat Idul Fitri 2023 di Masjid Fatahillah Balaikota DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya