Viral Penipuan Barcode QRIS Kotak Amal di Jaksel, Polisi Imbau Masyarakat Konfirmasi Usai Beramal

Tampang pria yang mengganti barcode QRIS di Masjid Nurul Iman Blok M Square
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Metro – Terkait penipuan stiker pembayaran menggunakan barcode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang dilakukan pria berinisial IML di Jakarta Selatan, pihak kepolisian meminta masyarakat mengonfirmasi kembali kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) usai beramal secara daring di masjid untuk menghindari penipuan.

Pengakuan Mengejutkan Ojol Pencuri Velg dan Ban Mobil di ITC Cempaka Mas

“Mohon masyarakat apabila ingin menyumbang di lokasi masjid tolong konfirmasi ke DKM setempat supaya tepat sasaran dan bermanfaat,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Ary Syam, dikutip dari ANTARA.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Ade Ary

Photo :
  • VIVA / Yeni Lestari

Cerita Polisi 2 Hari Nginep di Kawasan Konservasi Ujung Kulon

Ia mengatakan, pihaknya masih mencatat satu korban penipuan yang dilakukan pelaku tersebut. Sampai saat ini polisi masih melakukan penyelidikan dan pendalaman terkait peristiwa tersebut.

“Selanjutnya kami melakukan kegiatan olah TKP, melakukan interogasi dan pemeriksaan saksi-saksi guna penyelidikan lebih lanjut,” imbuhnya.

12 Polisi di Sulbar Dipecat Tidak Hormat, Ini Penyebabnya

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Irwandhy Idrus menerangkan, penipuan tersebut merupakan modus baru, yakni meniru kode batang kotak amal di tempat ibadah.

“Untuk saat ini indikasinya sudah lebih dari satu lokasi, yakni Kebayoran Lama, Pancoran, Pondok Indah dan Kalibata,” ungkap Irwandhy.

Hingga saat ini kerugian belum bisa ditafsirkan berapa banyak lantaran modus menggunakan kode QRIS yang berbeda. Pihaknya akan menyelidiki apakah uang tersebut dikelola baik oleh pihak bertanggung jawab atau tidak.

Polisi Metro Jakarta Selatan mengimbau kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan polisi bisa menghubungi Hallo Polisi dengan nomor 110 yang akan direspon cepat.

Barcode qris yang ditempel di dinding Masjid Raya Bintaro, Tangerang Selatan

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial

Soal penipuan di masjid Jakarta Selatan, Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya juga mengklaim telah mengantongi identitas sosok pria yang mengganti barcode QRIS pada kotak amal di sebuah Masjid di kawasan Kebayoran Lama dan Pancoran, Jakarta Selatan. 

“Ya, sudah teridentifikasi,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Selasa 11 April 2023.

Tidak hanya yang di Masjid Kebayoran Lama, polisi juga telah mengetahui pelaku yang melakukan hal serupa di Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat. 

Meski begitu, mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini tidak merinci apakah pelaku orang yang sama atau berbeda. Dirinya mengaku bakal blak-blakan siang ini. 

“Iya (yang di Istiqlal juga),” kata Trunoyudo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya