Puluhan Pos Dibuat di Jadetabek untuk Amankan Arus Mudik, dari Tol hingga Jalur Arteri

Dokumen - Arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek.
Sumber :
  • ANTARA/Ali Khumaini

VIVA Metro – Sebanyak 37 pos pengamanan didirikan Polda Metro Jaya selama arus mudik Lebaran 2023. Pos pengamanan berada di ruas jalan tol, jalan arteri, juga tempat wisata.

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

"Pos pengamanan arus mudik dan arus balik ada 37 titik pos pengamanan," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Kamis, 13 April 2023.

Dia merinci, 8 pos pengamanan berada pada jalur tol saat arus mudik yakni KM 10 Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, KM 29 Tol Cikarang Utama, Rest Area KM 33 Tol Cikarang Utama, Rest Area KM 39 Tol Cikarang Utama, Rest Area KM 10 Tol Jagorawi arah Bogor, Rest Area Pinang KM 13,5 Tol Merak, serta Rest Area Kunciran KM 14 Tol Merak.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lalu, 6 pos pengamanan di jalur tol saat arus balik yakni, GT Cikunir, KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area KM 6 Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area Pinang KM 13,5 Tol Merak, Rest Area Kunciran KM 14 Tol Merak, dan KM 21 Tol Merak arah Jakarta.

Polisi Tetapkan TikToker Galih Loss Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama

Sementara itu, untuk pos pengamanan di jalan arteri di antaranya Pos Lantas Kalideres, Pos Joglo Raya, Pos Kalimanang, Pos di Jalan Nur Ali Sumber Arta, Pos di Jalan Sultan Medan Satria Kota Bekasi, Pos Pasar Tambun, Pos Kedungwaringin, Pos Panasonic, dan Pos SPBU Cilangkap.

Selanjutnya, pos pengamanan juga didirikan di Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulogebang, Terminal Kalideres, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Stasiun Jatinegara, Pelabuhan Tanjung Priok, Bandara Soekarno-Hatta, hingga Bandara Halim Perdanakusuma. Pos pengamanan pun disiapkan di tempat-tempat wisata yakni, Ragunan, Monas, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Kota Tua.

Dia mengatakan ada sebanyak 6.544 personel gabungan yang diterjunkan dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2023. Operasi ini digelar selama 14 hari, dari 18 April sampai 1 Mei.

Dari ribuan personel itu, 3.853 personel Satgasda, 2.275 personel Satgasres, 100 personel TNI, serta 586 personel dari pemda dan Jasa Marga. Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini menambahkan, pihaknya pun bakal menyiapkan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kepadatan kendaraan. Ini di bawah koordinasi dengan Korlantas Polri.

"Polda Metro Jaya akan melakukan langkah-langkah rekayasa lalu lintas melihat situasional yang ada. Contohnya dari persimpangan antara Jakarta Utara Tanjung Priok menuju Cikampek, dan juga Pondok Indah atau dari arah selatan itu akan melihat situasional kepadatan,’ ujarnya.

Dia menambahkan, “Apabila ada satu titik kepadatan di utara maka akan diprioritaskan, demikian juga apabila selatan ada kepadatan tentu akan dilakukan langkah-langkah prioritas, akan didahulukan berdasarkan koordinasi Dirlantas Polda Metro Jaya di bawah koordinator Korlantas Polri.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya