Heru Budi Hartono Minta Pemudik Sabar Kalau Alami Kemacetan

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.
Sumber :
  • Pemprov DKI

VIVA Metro – Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, meminta para pemudik untuk bersabar jika nantinya mengalami kemacetan dalam perjalanan pulang ke kampung halamannya. Prediksi pemerintah, aktivitas mudik 2023 ini akan dilakukan oleh 123 juta orang, melonjak jauh dari tahun-tahun sebelumnya.

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

Imbauan itu dikatakan Heru Budi, saat melepas pemudik gratis di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada hari ini, Senin 17 April 2023.  Turut hadir Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya, Irjen Karyoto dan Pangdam Jaya Mayjen Mohamad Hasan.  

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan pihaknya sudah melakukan klarifikasi data penumpang arus mudik dan arus balik program mudik gratis ini. Sebanyak 28.506 masyarakat, mendaftar dalam program tersebut. Namun, hanya 24.164 yang lolos verifikasi dan klarifikasi. Jumlah tersebut meningkat 25,3 % dari target sebanyak 19.280 orang.

Bawaslu Didesak Panggil Pj Gubernur NTB Terkait Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

"Adapun untuk jumlah penumpang pada arus mudik hari ini akan dilepas sebanyak 284 bus dengan jumlah penumpang 13.541 penumpang. Dan untuk arus balik, ditargetkan sebanyak 10.623 penumpang dengan jumlah bus sebanyak 216 unit bus," kata Syafrin di Monas, Jakarta Pusat, Senin 17 April 2023. 

Sementara itu, Pj Gubernur DKI Jakarta mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan selama perjalanan mudik ke kampung halaman. Dia juga mengucapkan terima kasih atas antusias masyarakat yang mengikuti program mudik gratis dari Pemprov DKI Jakarta.

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

"Saya ucapkan selamat jalan, selamat kembali ke kampung halaman bagi warga yang hari ini mudik ke kampung halaman masing-masing. Tentunya saya imbau untuk menjaga kesehatan, menjaga supaya kita tetap sabar di dalam (perjalan) ke kampung halaman jika nanti di dalam perjalanan mengalami kemacetan," kata Heru Budi. 

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyelenggarakan program Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta 2023, dengan tujuan ke 19 Kota atau Kabupaten di Indonesia. 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan pada tahun 2023 pihaknya akan menyiapkan kuota yang mencapai 19.280 penumpang.

"Mudik gratis ini, kami menargetkan yang akan diangkut sekitar 19.280 penumpang, dengan mengerahkan 482 bus dua arah mudik dan balik juga 690 unit motor dengan diangkut 23 truk," ujar Syafrin dalam keterangannya, Senin, 20 Maret 2023.

Syafrin mengatakan, keberangkatan mudik gratis yang difasilitasi Pemprov DKI Jakarta ini dilaksanakan pada waktu yang berbeda-beda. Mudik gratis dengan truk akan dilaksanakan pada 16 April 2023. Sedangkan untuk armada bus akan berangkat pada 17 April 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya