Puncak Arus Mudik di Terminal Kalideres Diprediksi Terjadi H-4 Lebaran

Pemudik di Terminal Kalideres
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Metro – Puncak arus mudik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat diproyeksi terjadi pada H-4 dan H-3 Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnain mengatakan prediksi ini didasari oleh puncak arus mudik pada tahun 2022 lalu yang terjadi pada H-3 Lebaran.

"Kalau dilihat dari jumlah perkembangan penumpang, puncaknya diperkirakan akan terjadi pada H-4 atau H-3 Lebaran," ujar Revi kepada wartawan, Senin, 17 April 2023.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Revi membeberkan, pada tahun 2022 lalu, puncak arus mudik terjadi pada H-3 Lebaran dengan jumlah 4.157 orang pemudik. Diperkirakan, tahun 2023 ini akan terjadi lonjakan hingga 6.000 pemudik.

Terminal Kalideres ramai penumpang hari terakhir sebelum larangan mudik

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito
Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

"Diperkirakan tahun ini karena berdasarkan perkiraan dari pemerintah terjadi lonjakan penumpang mudik. Diperkirakan bisa mencapai 6.000 orang pada hari itu," tuturnya. 

Dikatakan Revi, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah langkah mengantisipasi jumlah pemudik yang membludak pada puncak Lebaran 2023. Misalnya dengan membangun posko kesehatan dan melakukan pengecekan kendaraan bus secara berkala.

"Kami membuat posko pengamanan terpadu, posko kesehatan dan posko check. Kemudian kami bekerja sama dengan perusahaan bus untuk menyiapkan bus bantuan yang disiapkan oleh perusahaan auto bus, dengan syarat kendaraan tersebut harus di cek kelayakan jalannya, serta dinyatakan lulus layak uji, baru kita perbolehkan angkut penumpang sebagai bus bantuan," tandas Revi.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan sebanyak 123,8 juta masyarakat Indonesia akan melakukan perjalanan mudik pada libur Lebaran Idul Fitri 2024.

Hal itu diungkap Muhadjir usai menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan beberapa menteri lainnya di Mabes Polri, Kamis, 6 April 2023. 

"Tagline yang sudah kita sepakati yaitu 'Mudik Aman Berkesan' dan diperkirakan yang akan mudik nanti ada 123,8 juta orang. Mengalami kenaikan sangat drastis dibandingkan tahun lalu yang hanya 85 juta," kata Muhadjir kepada wartawan di Mabes Polri.

Kata Muhadjir, sejumlah persiapan disiapkan jelang pelaksanaan mudik Lebaran 2024. Salah satunya dengan menekan angka kecelakaan lalu lintas selama perjalanan arus mudik dan arus balik.

"Bapak Kapolri juga menyiapkan personel sebanyak 148.261 orang dan akan disiapkan juga 2.787 posko pengamanan dan pelayanan maupun posko terpadu," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya