Aksi Buruh Bubar, Lalin di Patung Kuda Kembali Dibuka

Situasi Lalin di Patung Kuda Jalan Merdeka Barat.
Sumber :
  • Zendy Pradana/ VIVA.

VIVA Metro – Hari ini ribuan buruh yang tergabung dalam sejumlah elemen telah melakukan aksi peringatan Hari Buruh Nasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei. Saat ini buruh tersebut pun telah membubarkan diri.

Lebih dari 2 Ribu Aparat Tetap Dikerahkan ke MK Meski Relawan Prabowo-Gibran Batal Aksi

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, ribuan buruh yang tadinya memadati kawasan Jalan Medan Merdeka Barat tepatnya di Patung Kuda Arjuna Wiwaha telah membubarkan diri. Saat ini hanya tersisa persatuan buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI).

Tak hanya itu, saat ini lalu lintas Jalan Medan Merdeka pun telah di buka seperti sedia kala. Sebelumnya, lalu lintas ini sempat ditutup lantaran ada sejumlah buruh yang menggelar aksi penyampaian pendapat.

Gibran Rakabuming Ikuti Arahan Prabowo Subianto Soal Pembatalan Aksi Damai di Gedung MK

Kemudian, petugas kebersihan Jakarta Pusat pun telah membersihkan Jalan Medan Merdeka Barat usai banyaknya sampah yang berserakan saat aksi buruh digelar.

Aksi Buruh Peringati May Day 2023

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Prabowo Khawatir Terjadi Benturan Sosial Sehingga Minta Aksi Damai di MK Dibatalkan

"Begitu usai aksi buruh, kami langsung bergerak membersihkan,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Asep Kuswanto dalam keterangan tertulisnya, Senin 1 Mei 2023.

Kata Asep, pihaknya telah mengerahkan 150 petugas kebersihan, 10 street sweeper atau mobil penyapu jalan otomatis, 10 truk sampah jenis dump truck, dan 5 pick up lintas.

Diketahui, Polisi pun telah mengimbau untuk menghindari sejumlah titik di Jakarta yang akan di gelar aksi demonstrasi.

"Masyarakat biar tidak kejebak kemacetan untuk hindari kawasan GBK," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman kepada wartawan dikutip Senin 1 Mei 2023.

Tak hanya itu, Latif juga meminta agar masyarakat juga menghindari jalan di depan gedung DPR dan MPR RI.

Ia pun menjelaskan bahwa hari ini tidak di berlakukan sistem ganjil genap untuk pengendara. Pasalnya, hari ini merupakan hari libur nasional yang diperingati sebagai hari buruh nasional.

Sebelumnya, Presiden Partai Buruh Said Iqbal memastikan partainya dan sejumlah organisasi buruh bakal menggelar aksi May Day pada Senin, 1 Mei 2023, di kawasan dekat Istana Presiden dan Istora Senayan. Aksi itu untuk peringati Hari Buruh internasional. 

Iqbal memperkirakan, kegiatan pihaknya akan diikuti hingga 100 ribu orang. Ia bilang kemungkinan aksi nanti dihadiri kandidat calon presiden (capres) 2024 dari Partai Buruh.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Kami merencanakan 100.000 orang, terkonfirmasi sampai dengan pagi ini, terkonfirmasi hampir 50.000 lebih yang akan mengikuti acara aksi May Day. Saat ini agak sulit untuk mengajak lebih ramai lagi, karena rata-rata para buruh akan kembali bekerja masuk pada 2 Mei 2023,” kata Said Iqbal dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu, 29 April 2023.

Dia mengatakan, aksi May Day tersebut akan dimulai sejak pukul 09.30 WIB hingga 12.30 WIB. Menurut dia, aksi itu diawali di depan Istana Negara dan Gedung Mahkamah Konstitusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya