Contraflow Dilakukan dari TL Tomang sampai Caringin, Polisi Ungkap Alasannya

Ilustrasi sejumlah kendaraan yang terjebak macet.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.

VIVA Metro –Rekayasa lalu lintas contraflow dari traffic light (TL) Tomang hingga Caringin diberlakukan polisi guna mengurai kemacetan di Tol Dalam Kota di pagi hari.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

"Polri Sat Lantas Polres Jakarta Pusat melakukan monitoring pelaksanaan contraflow mulai dari TL Tomang hingga TL Caringin mulai dari jam 06.00 sampai dengan 10.00 WIB. Diimbau bagi pengendara yang melalui jalur contraflow untuk berhati-hati mengingat jalur tersebut juga dilintasi oleh bus TransJakarta," demikian seperti dikutip dari Instagram @tmcpoldametro, Kamis 4 Mei 2023.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Polisi Purwanta menyebutkan, contraflow dilakukan guna mengurai kemacetan Tol Dalam Kota arah Tol Jakarta-Tangerang. Dia mengatakan, rekayasa telah mengurangi kepadatan yang ada di dalam tol, termasuk mengurangi tren jam kemacetan saat jam kerja.

Catat! Ada Pengalihan Arus di Sekitar MK Hari Ini Kalau Gak Mau Macet

Sejumlah pengendara kendaraan bermotor mengalami kemacetan lalu lintas di Tol Dalam Kota dan Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta, Senin (18/5/2020).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rifki N

"Contraflow itu kan melancarkan arus lalu lintas yang dari tol. Kalau kita hitung itu per jam  bisa membantu mengurangi kepadatan 1.000 kendaraan dari dalam tol. Karena pagi yang mengarah ke selatan gak begitu rame, sehingga kami membatu yang biasanya macet sampai jam 11, itu jam 9 sudah mulai landai," ucap Purwanta.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Dia mengatakan, rekayasa ini telah dilakukan sejak lama. Hanya, ada penebalan personel yang menjaga. Purwanta menyebutkan telah memasang rambu lalu lintas dan mengimbau masyarakat agar berhati-hati.

"Itu sudah lama, saya hanya menebalkan saja. Menambah personel yang ara di situ. Itu sudah ada 4 tahun. Contraflow lajurnya sudah dipasang sendiri, busway-nya sudah dipasang sendiri. Semoga selama inu tidak pernah terjadi kecelakaan, semoga semua pengguna jalan hati-hati penuhi rambu yang ada. Traffic cone sudah dipasang dari ujung ke ujung," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya