Atasi Macet, Ini Rencana Kerja Sama Pemprov DKI dengan Pemkot Bogor

Wali Kota Bogor Bima Arya dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA Metro – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bertemu dengan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan jajarannya di Balai Kota DKI Jakarta, pada Kamis 4 Mei 2023. Dalam pertemuan itu, Heru Budi didampingi Sekda Joko Agus Setyono dan Kadis Perhubungan Syafrin Liputo membahas rencana kerja sama bidang transportasi Pemprov DKI dengan Pemkot Bogor untuk mempermudah mobilitas warga dalam mengatasi kemacetan.

Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

"Hari ini saya kedatangan tamu Wali Kota Bogor dan ada beberapa hal yang kami bahas terkait dengan transportasi. Kami sudah berdiskusi jika ada kepadatan (lalu lintas) di Bogor, maka akan difasilitasi untuk bisa masuk ke Jakarta menggunakan bus Transjakarta," ujar Heru dalam keterangannya, Kamis, 4 Mei 2023.

Oleh sebab itu, PT Transjakarta bakal berdiskusi untuk pembahasan lebih lanjut dengan Perumda Trans Pakuan milik BUMD Pemkot Bogor untuk menentukan titik terang koordinasi perpindahan mobilitas warga dari dua wilayah tersebut.

Baliho Ambruk Timpa Mobil di Parung Bingung, Arus Lalulintas Tersendat

Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan konektivitas Jakarta dan Bogor, mengingat kapasitas moda transportasi yang ada seperti kereta komuter masih terbatas dan masih banyak masyarakat yang menggunakan tol Jagorawi, sehingga jika didukung dengan penyediaan bus sambungan akan sangat efektif.

"Dalam diskusi tersebut, ada penambahan layanan rute (Trans Pakuan) dari Bogor ke Cibubur (Jakarta). Kita menjemputnya, menyambungnya di Cibubur untuk masuk ke kota Jakarta (dengan Transjakarta). Saat ini kami sedang urus perizinannya ke Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ)," katanya.

Heru Budi Bakal Tingkatkan Pengawasan Buntut Kasatpel Numpang Mobil Dishub ke Puncak

Kemacetan di Tol Jagorawi yang menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Photo :
  • istimewa/ Muhammad AR

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyatakan, pihaknya setuju dengan rencana tersebut dan akan menindaklanjuti dengan proses yang lebih teknis. "Kita menyepakati untuk membicarakan teknisnya, tata caranya dan juga isu yang akan diangkat nanti akan diturunkan ke panitia teknis," ucap Bima Arya.

Dia juga berpesan, berkenaan dengan pembenahan Jembatan Otista di Bogor, maka diharapkan kepada warga Jakarta yang akan berkunjung ke Bogor untuk menyesuaikan jam kunjungannya dan memperhatikan informasi pengalihan arus. 

"Akan selesai di awal Desember, sekarang sedang ada penyesuaian arus padat agar macet bisa berkurang," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya