Jelang KTT ASEAN 2023, Pemprov DKI Perbaiki 14 Jalan Protokol di Jakarta

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • VIVA/Rizki Riyan

VIVA Metro – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan bakal ada 14 jalan protokol di Ibu Kota yang akan diperbaiki jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.

Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu menjelaskan belasan ruas jalan yang bakal diperbaiki itu telah diserahkan perawatannya dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah sejak tahun 2012.

"Nggak, semua. Jadi kan ada yang 14 ruas jalan nasional di tahun 2012 itu sudah diserahkan ke Pemda DKI. Ya harus kita rawat, terutama tentunya KTT ASEAN,” kata Heru Budi kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 9 Mei 2023.

Curhat Pengemudi Mobil Jalur Mudik Ditutup Tenda Nikahan

Heru menambahkan, dari total 14 ruas jalan itu sudah diperbaiki jelang KTT ASEAN. Nantinya, Heru akan memantau langsung jalan-jalan protokol di Ibu Kota yang akan diperbaiki. "Cawang kan sudah, saya lihat tadi pagi di mana ya, di Pesing (sudah diperbaiki). Nanti saya ke ujung-ujung Jakarta saya lihat," ujarnya.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki Roshali.
Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Lima Mobil Damkar Dikerahkan

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah mempersiapkan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang akan berlangsung di Jakarta pada September mendatang. Salah satunya, dengan memperbaiki sejumlah ruas jalan untuk kenyamanan dan kelancaran perjalanan para delegasi negara anggota dan mitra ASEAN saat berada di Jakarta. 

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau langsung perbaikan jalan tersebut di depan Ratu Plaza, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 6 Mei 2023 malam.

"Perbaikan ini dilakukan dalam rangka menyambut KTT ASEAN. Pada tahap pertama, yaitu malam ini, dikerjakan dari Ratu Plaza sampai ke lampu merah BI. Kemudian, akan dilanjutkan minggu depan ke sejumlah ruas jalan yang lain," ujar Heru Budi dalam keterangan pers, Minggu 7 Mei 2023.

Selain itu, perbaikan jalan akan dilakukan oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta pada ruas Jalan Gatot Subroto-M. T. Haryono. Hal ini juga sebagai tindak lanjut atas aduan warga terhadap kondisi jalan di Jakarta untuk menunjang mobilitas.

"Kami juga terima sejumlah pengaduan terhadap kondisi jalan. Maka, Dinas Bina Marga tahun ini memperbaiki beberapa ruas dan akan dilanjutkan sampai 2024," tutur Heru.

Diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke 42 dan 43 tahun 2023. KTT ASEAN ke 42 akan digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei 2023. Sementara KTT ASEAN ke 43 akan digelar di Jakarta pada September 2023 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya