Dirut Transjakarta Buka Suara Soal Kenaikan Tarif Layanan

Transjakarta.
Sumber :
  • ANTARA/Lia Wanadriani Santosa

VIVA Metro – Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta, Welfizon Yuza buka suara terkait usulan rencana kenaikan tarif layanan Bus Transjakarta. Menurut dia, PT Transjakarta tak berhak untuk menjelaskan terkait usulan tersebut.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Yuza mengungkapkan, pembahasan rencana kenaikan tarif layanan itu kewenangannya berada di Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ).

"Kalau kenaikan tarif bukan domainnya di kami, karena itu kan sebenarnya usulan dari sebelum DTKJ itu. Jadi kita tidak punya kapasitas untuk berkomentar terhadap rencana yang sedang di DTKJ itu," ujar Yuza kepada wartawan di Balai Kota, dikutip Selasa, 16 Mei 2023.

Fakta, Produk Tembakau yang Dipanaskan Minim Digunakan Remaja di Negara-Negara Maju

Ilustrasi penumpang naik Transjakarta

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Kendati begitu, masyarakat merespons survei soal rencana kenaikan tarif layanan Transjakarta di media sosial Twitter. Akan tetapi, dia mengungkapkan survei itu merupakan arahan dari DTKJ.

Wali Kota Berharap Proyek MRT 'Beneran' Sampai Tangsel: Itu Kita yang Usul

"Ya itu meneruskan dari survei yang dilakukan oleh DTKJ dan DTKJ minta dilakukan tes ombak kira-kira dengan rencana kenaikan seperti apa," katanya.

Di sisi lain, Yuza menyebutkan bahwa terkait rencana kenaikan tarif itu berada di kewenangan pemerintah Jakarta.

"Tarif itu bukan domain di kita, TJ itu adalah ditugaskan melakukan pelayanan transportasi umum, di BRT system dan sistem-sistem pendukungnya. Terkait dengan tarif itu ranahnya regulator," tuturnya.

Sebagai informasi, Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) mengusulkan kenaikan tarif bus Transjakarta. Pihak Transjakarta meminta pendapat pelanggan dengan membagikan survei yang kemudian diisi terkait usulan kenaikan tarif pada jam sibuk.

"Adanya usulan penyesuaian tarif Transjakarta dari Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) menjadi Rp4.000 dan Rp5.000 pada waktu sibuk (07:01-10:00 dan 16:01-21:00)," tulis Transjakarta di akun Twitter, Kamis, 13 April 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya