Ini 3 Rute Awal yang Dijanjikan Transjakarta Dengan Waktu Tempuh Maksimal 35 Menit

Busway / Transjakarta
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA Metro – PT Transjakarta terus berupaya memberikan layanan transportasi untuk masyarakat Indonesia, khususnya di Ibu Kota. Salah satunya yaitu dengan meluncurkan layanan 35 menit sampai tujuan. 

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

Direktur Operasi dan Keselamatan Transjakarta, Daud Joseph mengatakan pihaknya akan mencegah laju bus terhambat demi mencapai target waktu tempuh 35 menit. Namun demikian, pihak Transjakarta tetap mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang.

"Dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, semua potensi hambatan yang ada di sepanjang jalur yang memperpanjang waktu tempuh, kami kelola dengan pola target waktu tempuh 35 menit," ujar Daud dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 23 Mei 2023.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Transjakarta.

Photo :
  • ANTARA/Lia Wanadriani Santosa

Daud juga membocorkan 3 rute awal yang akan diterapkan layanan 35 menit itu. Di antaranya rute Ragunan-Kuningan Timur, Grogol-Semanggi, dan Pluit-Kota. Daud juga menjamin operasional bus di rute-rute itu sudah dikelola dengan baik.

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Sebagai informasi, PT Transjakarta menargetkan waktu tempuh perjalanan ke sejumlah rute di Ibu Kota paling lama hanya 35 menit. Namun, target tersebut akan di uji coba terlebih dahulu.

"Kita akan coba untuk memecahkan rekor 35 menit dari beberapa titik di wilayah Jakarta," ujar Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta, Daud Joseph, dikutip Selasa 16 Mei 2023.

Daud menjelaskan, armada bus Transjakarta dari arah Ragunan atau Fatmawati menuju kawasan Kuningan, Jakarta Selatan dapat ditempuh hanya dalam waktu 35 menit. Selain itu dari arah Cililitan atau sekitarnya yang menuju Kuningan juga ditargetkan bisa menempuh perjalanan selama 35 menit.

Selain daerah Selatan Jakarta, Transjakarta juga akan menargetkan kawasan Jakarta Utara yang mencakup Pluit, Penjaringan. Ada juga sejumlah rute dari Kalideres-Daan Mogot dan Grogol.

"Utara tuh identik dengan kawasan Pluit-Penjaringan sampai ke Monas begitu juga daerah barat, barat tuh identik dengan kawasan Kalideres-Daan Mogot ambil ke daerah Monas juga, satu lagi daerah yang padat daerah Grogol akan kita tembuskan ke Semanggi dengan jaminan waktu tertentu," katanya.

Daud menjelaskan, waktu 35 menit dijadikan target, sebab masyarakat berharap bisa mencapai lokasi tujuannya menggunakan transportasi umum bisa ditempuh dalam waktu kurang dari satu jam.

Bus Transjakarta

Photo :
  • vivanews/Andry

Selain itu pun, kata dia, sebelum menghabiskan waktu selama 35 menit di perjalanan, masyarakat juga diperkirakan sudah menghabiskan waktu selama 25 menit untuk menuju halte.

"Karena 35 menit adalah angka psikologis yg selama ini ada di benak masyarakat bahwa saya harusnya kalo dari rumah sampai ke tempat kerja ga boleh lebih dari 1 jam jadi 25 menitnya adalah jarak dari rumah dia menuju arah halte Transjakarta," kata Daud.

"Kemudian 35 menitnya dari halte Transjakarta menuju ke halte tengah kota, jadi dari situ harusnya secara psikologis orang keluar dari rumah sampai ke tempat kerja tuh tidak lebih dari satu jam," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya