Kapolda Metro Kerahkan Propam Periksa Insiden Lepas Pasang Tali Ties Mario Dandy

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA Metro – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto, akan memerintahkan Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya, untuk melakukan pemeriksaan terhadap anggotanya. Pemeriksaan tersebut dilakukan imbas dari video viral Mario Dandy Satriyo yang melepas sendiri kabel ties dari tangannya.

Viral! Oknum Polisi Diduga Aniaya Istrinya, Ini Kata Polda Sumatera Utara

Pemeriksaan itu, kata Karyoto, berguna untuk mendalami apakah terdapat unsur pelanggaran dalam prosedur yang dilakukan saat menangani tersangka penganiayaan, Mario Dandy.

"Saya juga perintahkan Kabid Propam untuk memeriksa apakah ada hal-hal yang dilakukan oleh anggota kami secara standar prosedur ada yang dilanggar," ujar Irjen Karyoto kepada wartawan, Minggu, 28 Mei 2023.

Oknum Polisi Calon Perwira Aniaya Istri yang Sedang Hamil, Dilaporkan ke Polda Sumut

Momen Mario Dandy Bisa Pasang-Lepas Tali Ties Sendiri

Photo :
  • Tangkapan layar

Mantan Deputi Penindakan KPK, itu juga memerintahkan Propam untuk mendalami apakah ada peraturan disiplin yang telah dilanggar oleh anggotanya. Seperti yang beredar dalam video viral tersebut.

Polda Metro Jaya Gelar Pemutihan SIM

"Dan secara kepatutan apakah ada peraturan peraturan disiplin yang dilanggar," ucap dia.

Akibat video viral tersebut, Karyoto mengaku menjadi pihak yang bertanggungjawab jika terdapat kesalahan yang dilakukan oleh anak buahnya. Dia juga mengaku menerima segala bentuk kritik dan masukan yang masyarakat sampaikan kepada pihaknya khususnya perihal kisruh video Mario Dandy.

"Yang jelas saya merasa hal-hal sekecil apapun yang menjadi tanggung jawab saya, saya akan melakukan perbaikan," tuturnya.

Sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan tersangka penganiayaan Mario Dandy Satrio tengah melepas dan memasang tali ties di tangannya, viral di media sosial. Dalam video unggahan akun Twitter @tolakbigotnkri, Mario terlihat mudah dalam melepas dan memasang tali ties saat duduk di sebuah sofa. 

Selain itu, potongan video tersebut juga memperlihatkan jika Mario yang menggunakan baju tahanan terlihat tertawa saat menuturkan permohonan maaf kepada keluarga Crytalino David Ozora

"Apa-apaan ini Mario Dandy Senyum-Senyum Minta Maaf Aniaya David Ozora dan Keluarganya. Kelihatan sekali raut mukanya tidak menyesal sekali! Kita berharap Mario Dandy ini dihukum semaksimal mungkin. Jangan kasih kendor," tulis akun tersebut.

Terkait video viral itu, keluarga David mengaku tidak kaget lagi melihat aksi anak mantan pejabat pajak, Rafael Alun Trisambodo tersebut. 

"Keluarga heran, tapi tidak kaget atas perilaku spesial yang diperoleh tersangka penganiayaan berat ini," ucap Paman David, Alto Luger kepada wartawan, Jumat, 26 Mei 2023. 

Alto mengatakan kepercayaan keluarga kepada aparat kepolisian menghilang akibat beredarnya video tersebut. 

"Apa yang terlihat dalam video ini jelas menunjukkan bahwa tersangka, bukan hanya sama sekali tidak menunjukkan rasa penyesalan atas apa yang dia lakukan terhadap anak kami David," ujarnya. 

"Tapi juga menunjukkan kesombongan dan rasa percaya diri bahwa dia dan keluarganya bisa membeli keadilan," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya