Long Weekend di Puncak Bogor, Polisi Imbau Warga Waspada Kabut Tebal Saat Berkendara

Jalur Puncak, Bogor.
Sumber :
  • Muhammad Aprian Romadhoni/VIVAnews.

VIVA Metro – Para pengendara diimbau mewaspadai kabut di jalur wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat, selama long weekend 1-4 Juni 2023. Kabut perlu diwaspadai para pengendara lantaran bisa mengganggu jarak pandang.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

KBO Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto mengatakan, para pengendara perlu waspada akan kabut mengingat karakteristik jalan di jalur wisata Puncak yang juga berkelok dan menanjak.

"Kalau untuk yang berkabut itu seputar Riung Gunung sampai dengan perbatasan Rindu Alam. Kalau di bawah Riung Gunung masih ada kabut, namun jarak pandang masih aman 100 meter. Namun apabila di Riung Gunung sampai dengan Rindu Alam itu kalau misalkan turun kabut memang jarak pandang hanya 20 meter," katanya  kepada wartawan, Rabu, 31 Mei 2023.

Pengakuan Anak Buah Syafrin Tumpangi Mobil Dishub DKI yang Buang Sampah Sembarangan

Jalur puncak Bogor

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

Menurut Ardian, para pengendara pun diminta untuk waspada akan cuaca yang kerap berubah di sekitar kawasan Puncak. Mereka juga diimbau hati-hati akan bahaya longsor sampai pohon tumbang.

Mobil Dishub DKI Buang Sampah Sembarangan di Puncak Bogor, Ditumpangi Kasatpel

"Kemudian sedianya tidak memarkirkan kendaraan di dekat pohon-pohon rindang. Khawatir di kawasan Puncak ini kan sering terjadi longsor atau pohon tumbang, sehingga hindari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya..

Ardian menambahkan, para pengendara juga meminta tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas hingga arahan petugas di lapangan. Mereka juga diingatkan selalu membawa surat-surat kendaraan serta memakai helm bagi pengendara roda dua.

"Sabar menunggu dalam antrean, sehingga tidak menghambat di laju kendaraan yang lain. Sehingga kami dari Satlantas Polres Bogor bisa tetap maksimal mengatur arus lalu lintas demi kelancaran bersama," katanya.

Adapun buntut long weekend, rekayasa lalu lintas dengan sistem ganjil-genap (gage) diterapkan di sana mulai hari ini sampai tanggal 4 Juni guna antisipasi kemacetan. Puncak kemacetan di sana diprediksi pada tanggal 2 Juni 2023. Selain itu, gage, polisi pun menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa one way jika terjadi kemacetan di jalur Puncak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya