Jelang Idul Adha, Pemprov DKI Minta Warga Waspada 3 Penyakit Ini terhadap Hewan Kurban

Penyemprotan hewan kurban agar terbebas PMK
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Metro – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, menjelang Hari Raya Idul Adha 2023, terdapat tiga penyakit yang harus diwaspadai terhadap hewan kurban.

Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

Eli menjelaskan ketiga penyakit tersebut yakni antraks, penyakit mulut dan kuku (PMK) dan lumpy skin disease (LSD).

"Ada tiga penyakit yang kita waspadai, yang pertama antraks, kedua PMK dan ketiga adalah LSD," ujar Eli saat dikonfirmasi, Senin, 5 Juni 2023.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Salah

Photo :
  • 1415218

Terhadap penyakit PMK dan LSD, Eli dapat memastikan kedua penyakit itu tidak menular dari hewan ke manusia. Namun, kedua penyakit itu dapat menimbulkan kerugian yang besar.

Lebih dari 92 Ribu NIK Warga DKI Bakal Dinonaktifkan Pekan Ini

"Tapi tentu saja ini membuat kerugian ekonomi kepada si peternak dan bisa jadi menjadi tidak sah hewan kurban karena tidak sesuai syariat islam," katanya. 

Eli juga membeberkan pencegahan untuk menangani beberapa penyakit tersebut dengan cara melakukan pemeriksaan secara berkala kepada hewan kurban. Adapun pemeriksaan itu secara fisik dan memastikan kelengkapan surat keterangan kesehatan dari hewan tersebut. "Nah ini terus berjalan teman-teman saya di lapangan, terus sampai nanti H+3 pada saat hari tasrik," ujarnya.

Hingga saat ini, Eli memastikan belum ditemukan ketiga penyakit tersebut pada hewan kurban yang sudah berada di Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya