Soal Anggaran Perbaikan JIS, Prasetyo Edi: DKI Gak Keluar Duit

Jakarta Internasional Stadium (JIS) atau Stadion JIS di Jakarta Utara
Sumber :
  • Stadion JIS

Jakarta – Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, mengatakan anggaran perbaikan atau renovasi Jakarta Internasional Stadion (JIS) sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah pusat.

Hari Kedua di Sultra, Jokowi Akan Resmikan Inpres Jalan Daerah

Adapun perbaikan JIS dilakukan untuk persiapan piala dunia kategori U-17 yang akan diselenggarakan di Indonesia pada November 2023 mendatang.

"Kalau anggaran penataan itu kan sudah dibantu Presiden atau pemerintah pusat. DKI tidak keluar duit sama sekali, ini untuk persiapan U-17 ya," ujar Prasetyo Edi kepada wartawan di Jakarta Pusat, Kamis, 6 Juli 2023.

Presiden Tinjau RSUD di Muna, Warga Bilang Baru Gus Dur dan Jokowi yang ke Sini

Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi Bersama Pj Gubernur Heru Budi Hartono

Photo :
  • VIVA/ Riyan Rizki Roshali

Menurut Prasetyo, pemerintah daerah juga harus membantu pemerintah pusat secara gotong royong dalam memperbaiki kawasan JIS.

Jokowi Hadir ke Pernikahannya, Rizky Febian: Tidak Tau Lagi Cara Luapin Rasa Cinta Saya ke Bapak

"Kan gak ada salahnya. Pusat pemerintahan kan adanya di pusat. Pembantunya adalah Pemda, harus ada kerjasama yang baik," ucap Prasetyo.

Politikus PDI Perjuangan itu juga mengatakan, tak menutup kemungkinan pemerintah daerah mengajukan anggaran untuk perbaikan JIS di masa mendatang. Menurutnya, JIS sebagai salah satu aset pemerintah daerah mesti dijaga dengan baik

"Untuk selanjutnya kalau perlu kita perbaiki sebagai pemerintah daerah punya aset besar seperti itu. Itu stadion termegah loh. Kan bagus sekali itu harus dijaga juga sebagai aset pemerintah daerah," pungkasnya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Ketua Umum PSSI yang juga Menteri BUMN Erick Thohir untuk mempertimbangkan alternatif lokasi stadion lain yang dapat digunakan sebagai lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 yang akan digelar di Indonesia pada November 2023 mendatang.

Diketahui, Indonesia resmi ditunjuk oleh FIFA sebagai tuan rumah pergelaran piala dunia U-17. Indonesia sendiri menggantikan Peru yang sebelumnya telah dicopot jadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

Instruksi Jokowi ke Erick Thohir menyusul gelaran Piala Dunia U-17 yang akan dilaksanakan pada 10 November hingga 2 Desember 2023 itu bertepatan dengan konser musik Coldplay yang dijadwalkan pada 15 November 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Jokowi pun menyebut sejumlah stadion yang sebelumnya telah digunakan untuk pertandingan kelas dunia, seperti Jakarta Internasional Stadion (JIS), Stadion Manahan di Solo, Stadion Jalak Harupat di Bandung, dan Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya.

Salah satu stadion yang kemungkinan akan digunakan untuk pertandingan World Cup FIFA U-17 itu adalah JIS. Namun, JIS diklaim masih tidak memenuhi standar FIFA dan harus segera diperbaiki. Dua menteri Jokowi pun turun tangan merombak stadion yang dibangun era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya