Dipertimbangkan, Transjakarta Tujuan Soekarno-Hatta Dilengkapi Tempat Bagasi Koper

Bus Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta)
Sumber :
  • Transjakarta

Jakarta – Bus layanan Transjakarta tujuan Bandara Soekarno-Hatta, yang baru dibuka rutenya beberapa waktu lalu, kemungkinan akan dilengkapi dengan tempat bagasi koper. Dengan begitu, memudahkan bagi penumpang Transjakarta yang hendak bepergian menggunakan pesawat tapi dengan bawaan yang banyak.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Dinas Perhubungan atau Dishub DKI Jakarta, membuka peluang untuk melengkapi fasilitas layanan Transjakarta tersebut dengan menambah bagasi koper. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengaku tengah mengkaji usulan tersebut dengan menelaah karakter para penumpang.

"Memungkinkan (menambah bagasi koper), untuk hal itu sambil kita pelajari karakter penumpangnya," ujar Syafrin kepada wartawan di Jakarta Pusat, Rabu, 2 Agustus 2023.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Syafrin mengungkap, alasan akan mempertimbangkan usulan tersebut. Karena, layanan Transjakarta rute ke Bandara Soekarno-Hatta hanya berhenti di Terminal Kargo 1 dan 2 serta Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta. 

"Jika itu ditambahkan dengan bagasi tentu itu penumpang yang mau ke terminal 1, 2, 3 , tentu perlu effort ya. Nah ini tentu kita terus pelajari karakter penumpangnya," jelasnya.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Syafrin mengatakan mayoritas penumpang pada layanan tersebut didominasi oleh karyawan. Namun, rasio penumpang itu masih sangat dinamis.

"Kemarin saat awal operasional itu pas libur sekolah, banyak yang kemudian mereka untuk rekreasi pengen lihat pesawat. Jadi naik bus ada peningkatan tuh. Kemudian turun, naik lagi. Nah ini mulai karyawan," katanya.

Sebagai informasi, selama uji coba rute baru bus Transjakarta dari terminal Kalideres menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) telah mengangkut 10 ribu penumpang. Adapun uji coba Transjakarta rute Kalideres - Bandara itu sudah dilakukan sejak 5 Juli 2023.

"Satu hari itu rata-rata sekarang di angka 700-an orang. Jadi kira-kira kalau kita sudah melayani 14 hari itu kita sudah hampir 10 ribu orang yang kita layani," ujar Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Daud Joseph kepada wartawan, Kamis, 20 Juli 2023.

Dari 700 orang penumpang bus Transjakarta, kata Daud, 400 di antaranya merupakan pengguna layanan Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta yang beroperasi pukul 06.00 sampai dengan 09.00 WIB. 

"Sementara sebanyak 300 penumpang menggunakan rute layanan Bandara Soekarno-Hatta ke Kalideres yang mulai pukul 18.00 sampai dengan 21.00 WIB," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya