KAI Minta Maaf Soal Keterlambatan LRT di Jabodebek Hari Ini

LRT melintas di longspan di kawasan Gatot Subroto - Kuningan
Sumber :
  • Setpres

Jakarta – Pihak Kereta Api Indonesia (KAI) divisi LRT Jabodebek buka suara soal keterlambatan perjalanan LRT pada hari kedua resmi beroperasi. LRT pun meminta maaf kepada pengguna LRT atas ketidaknyamanan tersebut. 

Momen Hakim Konstitusi Saldi Isra Tegur Peserta Sidang yang Telat: Disetrap Pakai Push Up

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dari keterlambatan perjalanan LRT Jabodebek hari ini," ujar Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo dalam keterangannya, Selasa, 29 Agustus 2023.

Kuswardoyo mengaku keterlambatan perjalanan LRT Jabodebek itu menimbulkan ketidaknyamanan bagi penumpang. Ia juga mengatakan antusias masyarakat cukup tinggi setelah LRT Jabodebek resmi beroperasi.

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita

LRT Jabodebek, Ujicoba Terbatas

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurutnya, antusiasme masyarakat itu menunjukkan LRT diharapkan mampu menjadi alternatif transportasi pilihan di wilayah Jabodebek untuk ke depannya.

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

Perjalanan LRT Jabodebek saat ini memiliki jarak waktu kedatangan antarkereta (headway) mencapai 20 menit. Dia mengatakan hal itu disebabkan frekuensi dan trainset yang dioperasikan masih terbatas mengikuti Grafik Perjalanan Kereta yang telah ditetapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Saat ini LRT Jabodebek mengoperasikan sebanyak 12 rangkaian kereta (train set) dan 158 perjalanan setiap harinya dengan tarif promo yang diberlakukan hingga akhir September 2023 sebesar Rp 5.000.

Adapun jadwal LRT Jabodebek mulai beroperasi pukul 05.00 sampai 20.00 WIB, berikut lengkapnya:

- Jati Mulya ke Dukuh Atas pukul 05.00 WIB
- Dukuh Atas ke Jati Mulya pukul 05.58 WIB
- Harjamukti ke Dukuh Atas pukul 05.09 WIB
- Dukuh Atas ke Harjamukti pukul 05.09 WIB

Sementara itu, keberangkatan terakhir LRT Jabodebek saat ini dari:
- Dukuh Atas ke Jati Mulya pukul 18.58 WIB
- Jati Mulya ke Dukuh Atas pukul 18.00 WIB
- Harjamukti ke Dukuh Atas pukul 17.49 WIB
- Dukuh Atas ke Harjamukti pukul 17.49 WIB

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan moda transportasi Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek), pada Senin, 28 Agustus 2023.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi ini saya resmikan kereta api ringan LRT terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi," kata Jokowi di Stasiun LRT Cawang, Jakarta Timur, Senin, 28 Agustus 2023.

Jokowi mengatakan, sudah menjadi pemahaman umum bahwa DKI Jakarta selalu masuk dalam 10 kota yang termacet di dunia. Dimana, setiap hari masuk 996.000 kendaraan ke Jakarta, sehingga macet dan polusi juga selalu ada di Jakarta setiap harinya.

Jokowi mengakui bahwa mengubah kebiasaan masyarakat dari menggunakan kendaraan pribadi ke kendaraan umum memang tidak mudah. Dia mencontohkan, meskipun setiap hari moda transportasi MRT terlihat penuh, tetapi kapasitas 180.000 yang ditargetkan setiap harinya hanya bisa mencapai 80.000 penumpang saja. Sehingga, masih ada kapasitas yang belum penuh terisi.

"Dan hari ini, alhamdulillah LRT juga sudah siap kita operasikan, baik yang dari Harjamukti di Cibubur maupun yang dari Bekasi ke Jakarta sepanjang 41,2 kilometer, dan menghabiskan anggaran Rp 32,6 triliun," kata Jokowi.

"Kita harapkan masyarakat berbondong-bondong beralih ke LRT, baik yang dari Cibubur dan sekitarnya maupun Bekasi dan sekitarnya. Sehingga kemacetan di jalan bisa kita hindari dan juga polusi bisa kita kurangi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya