Didukung 3 Pengacara Kondang, Jessica Wongso Bakal Segera Bebas?

Jessica Kumala Wongso mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Pusat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Jakarta – Kasus kopi sianida atau tindak pembunuhan terhadap Wayan Mirna Salihin yang menyebabkan Jessica Wongso divonis hukuman 20 tahun penjara kembali menjadi perbincangan. Selama hampir tujuh tahun, tak ada informasi yang mengungkapkan kondisi Jessica selama di penjara. 

Sadis! Ibu Rumah Tangga di Garut Tewas Dibunuh, Anak Korban Luka Berat dan Motornya Dicuri

Nama Jessica menjadi perbincangan lagi gegara film dokumenter berjudul Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso telah tayang di Netflix. Publik pun semakin berasumsi bahwa ada kejanggalan dalam proses hukum yang telah dilalui oleh Jessica Wongso selama ini. 

1. Otto Hasibuan

Kata-kata Terakhir Korban Alek Sebelum Tewas Dibunuh Secara Sadis

Otto Hasibuan

Photo :
  • Youtube dr. Richard Lee, MARS,

Beberapa pengacara kondang yang sempat menangani masalah besar pun turut buka suara untuk membela Jessica Wongso. Salah satunya adalah Otto Hasibuan yang telah mendampingi Jessica sejak awal dinyatakan tersangka pembunuhan Wayan Mirna Salihin. 

Terpopuler: Balasan Ria Ricis untuk Klarifikasi Ryan sampai Kumpul Bareng Keluarga Sule

Otto Hasibuan kini kembali berbicara untuk mendukung keadilan untuk Jessica Wongso atas kasus tersebut. Menurut Otto Hasibuan, dirinya tidak mau mengecewakan hati masyarakat Indonesia sehingga dia masih terus berjuang sampai saat ini untuk kliennya itu. 

Otto mengatakan dalam ceramah yang disampaikan maupun dalam buku yang ditulisnya selalu disebutkan bahwa keadilan tidak akan datang dengan sendirinya. Keadilan, kata dia, harus dikejar dan diperjuangkan, seperti yang saat ini dilakukan terhadap Jessica Wongso. 

Sampai saat ini, Otto mengaku bahwa Jessica tak bersalah dalam kasus kematian Mirna. Ia pun selalu berdoa kepada Tuhan supaya diberikan jalan terbaik dalam kasus ini. Bahkan, ia sampai berdoa jika memang Jessica pelakunya maka dia akan berhenti membela. 

Hotman Paris

Photo :
  • IG @hotmanparisofficial

Belakangan ini pengacara kondang Hotman Paris Hutapea tak henti-hentinya memberikan pandangan mengenai kasus hukum yang dialami Jessica Wongso. Ia tak henti-hentinya memberikan dukungan supaya Jessica bisa mendapatkan keadilan. 

Sebab, Hotman Paris menilai bahwa kasus Jessica Wongso menjadi salah satu contoh ketidakpastian hukum di Indonesia sehingga hal tersebut harus dilawan. Ia mengaku selalu berbicara mengenai Jessica untuk menegakkan kepastian hukum. 

Hotman Paris bahkan mengungkap satu-satunya cara untuk mengeluarkan Jessica Wongso dari penjara adalah dengan mengajukan grasi kepada Presiden Jokowi. Tapi, Jessica harus mengakui kesalahannya jika ingin mengajukan grasi dan membuka komunikasi dengan Presiden. 

Kamaruddin Simanjuntak

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Kamaruddin Simanjuntak mengkritik majelis hakim dan jaksa yang dirasa terlalu berani memastikan Jessica Wongso sebagai pelaku tanpa adanya autopsi terhadap jasad Mirna. Sebab, autopsi sendiri sangat dibutuhkan apakah Jessica meracun atau tidak. 

Kamaruddin mengatakan bahwa secara ilmiah tidak ada yang bisa menjerat Jessica. Hal ini karena tidak ada saksi yang melihat Jessica memakai atau memasukkan racun sianida ke kopi milik Wayan Mirna Salihin. Kamaruddin pun bersedia membantu Jessica Wongso.

"Kalau Jessica datang kepada saya, saya bersedia menolong dia. Itu komitmen saya. Saya bersedia menolong Jessica kalau dia mau menyerahkan masalahnya ke saya," tandas Kamaruddin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya