Viral Brimob Datangi Rumah Relawan Ganjar di Menteng, Begini Faktanya

Brimob diduga datangi rumah relawan Ganjar Pranowo di Kawasan Menteng
Sumber :
  • Tangkapan layar X

Jakarta- Viral di media sosial sebuah video yang menunjukkan anggota Brimob disebut mendatangi rumah relawan Ganjar Pranowo yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Salah satu akun yang mengunggah momen itu adalah akun @opposite6888 di medsos X.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Dalam unggahan itu, terlihat bebrapa anggota Brimob dengan kendaraan taktis (rantis) parkir di bahu jalan didekat rumah relawan Ganjar.

"Rumah relawan GP di Jalan HOS Cokroaminoto Menteng, Jak-Pus didatangi anggota Brimob 8-10 org. @ListyoSigitP kenapa sampai segininya, apa krn ada anak Presiden yg ikut Pilpres ? Sedangkan dekat2 situ ada Rumah relawan PS-GRR aja gak didatengin, kita udah kayak teroris aja," demikian seperti dikutip, Rabu 15 November 2023.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Brimob diduga datangi rumah relawan Ganjar Pranowo di Kawasan Menteng

Photo :
  • Tangkapan layar X

Terkait hal ini, polisi pun angkat bicara. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan kejadian yang viral itu adalah bagian dari operasi Mantap Brata Jaya dalam pengamanan pemilihan umum 2024, bukan patroli menyasar rumah relawan salah satu paslon.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

"Kemarin ada kegiatan yang sifatnya sebagian daripada operasi Mantap Brata 2024 terkait dengan tahapan-tahapan pengamanan Pemilu untuk menciptakan, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat," ujarnya.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini mengatakan, patroli dari pasukan reaksi cepat tersebut bertujuan guna memelihara dan meningkatkan keamanan jelang Pemilu 2024. 

"Dalam hal ini Korps Brimob melakukan patroli tentunya sama juga Polda Metro Jaya juga melakukan patroli-patroli baik itu secara satuan fungsi kerja yang ada gabungan atau skala besar juga dengan beberapa stakeholder terkait yang tujuannya tadi adalah memelihara dan meningkatkan serta mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat. Pasukan reaksi cepat Korps Brimob yang berjumlah 6 orang ini melakukan patroli di daerah sekitaran Menteng tepatnya adalah di perempatan Simpang Jalan Dr Kusuma Atmaja, Jalan Cokroaminoto," ujarnya menjelaskan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dirinya menyebut, video itu jadi evaluasi karena menimbulkan kesalahpahaman. Dia pun mengucapkan terimakasih atas masukan yang ada. Tapi, Trunoyudo menjelaskan lagi kalau kegiatan itu cuma patroli biasa guna memastikan kemananan di Ibu Kota.

"Dalam rangka untuk memelihara dan meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat pada saat khususnya pesta demokrasi, pesta rakyat, kita harus jaga bersama stakeholder," kata dia lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya