Ledakan Gas Elpiji

Tahap Distribusi Kerap Membuat Tabung Rusak

Pengisian tabung gas elpiji.
Sumber :
  • ANTARA/Syaiful Arif

VIVAnews - Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta bersama Pertamina melakukan peninjauan ke Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) untuk mencari akar masalah kebocoran tabung gas ukuran 3 kg yang kini meresahkan masyarakat.

Peninjauan dalam rangka untuk melihat dan memastikan proses pengisian tabung gas 3 kilogram di SPBE Satria Mandala Sakti di Jalan Pengangsaan Dua, Jakarta Utara.

Tempat ini adalah satu dari 13 tempat SPBE yang ada di Jakarta. "Hasil yang kita lihat, memang sudah sesuai prosedur," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, Yusuf E Pohan, Selasa 20 Juli 2010.

Dari hasil peninjauan, kata Yusuf, potensi besar terjadinya kebocoran bukan dari tabung, tetapi dari aksesorisnya, seperti selang, regulator, dan karet.

Kemungkinan lainnya, kerusakan tabung terjadi saat proses distribusi dari agen dan pengecer. Apalagi, pada fase ini rentan terjadi kegiatan pengoplosan tabung gas ilegal.

"Kebanyakan kasus kebocoran disebabkan kesalahan pemakaian. Untuk itu, sosialisasi penggunaan kompor gas ke masyarakat, dirasa perlu menjadi prioritas program penanggulangan kebocoran tabung gas 3 kilogram," ungkapnya.

Menurutnya, tidak dibenarkan, perlakuan kasar pekerja saat mendistribusikan tabung, seperti melempar dan menumpuk tabung lebih dari ketentuan, karena akan membuat tabung penyok dan kebocoran pada bagian tabung yang dilas.

Belum lagi adanya praktek pengoplosan ilegal berdampak terhadap rusaknya katup dan karet tabung yang mengakibatkan kebocoran.

Langkah penanggulangan kasus kebocoran katup dan karet tabung gas 3 kilogram, setiap SPBE telah menyediakan cadangan untuk mengganti tabung yang rusak.

Termasuk mengadakan program tukar tambah dan penjualan regulator seharga Rp 20 ribu, dan selang karet Rp 15 ribu, melalui agen-agen.

"Serta menyediakan crisis center dengan nomor telepon 500000. Sehingga masyarakat bisa mengadukan langsung berbagai kejadian yang terkait dengan tabung gas," ujar Sales Representative Elpiji Jakarta Nyoman Sumarjaya.

Berdasar data Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, penggunaan tabung gas 3 kilogram di Jakarta telah mencapai 2,2 juta tabung. Sedangkan untuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, penggunaan tabung gas 3 kilogram mencapai 17 juta tabung. (adi)

Laporan: Arnes Ritonga| Jakarta Utara

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, saat memimpin pemusnahan 11 jenis komoditi impor ilegal dengan nilai pabean mencapai Rp 9,33 miliar, di wilayah Citereup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 28 Maret 2024.

Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak, Mendag Zulhas: Tunggu Tanggal Mainnya!

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan, pihaknya kembali menyelidiki kembali maraknya perdagangan pakaian bekas hasil impor.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024