Polisi Tuding Mal Sumber Macet Jakarta

Macet di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Polisi menuding mal sebagai salah satu penyebab kemacetan di Jakarta. Penempatan mal yang tidak disesuaikan dengan tata letak kota kerap memperparah kondisi lalu lintas yang sedang macet.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Boy Rafli Amar mengatakan, penempatan pintu masuk mal di depan jalan protokol menimbulkan antrean kendaraan dan memperparah kemacetan.

Seperti yang sering terjadi di Plaza Semanggi, dimana letak lokasi pintu masuknya berada persis di depan jalan utama Gatot Subroto atau putaran bundaran Semanggi.

"Antrean kendaraan yang akan masuk ke dalam mal, membuat dampak kemacetan  panjang di Jalan Gatot Subroto dan Sudirman," katanya, Kamis 22 Juli 2010.

Tidak tersedianya lahan parkir yang memenuhi kapasitas pada mal dan perkantoran juga membuat banyak pengendara memarkir kendaraannya di pinggir jalan.

Diharapkan pada masa mendatang, Pemprov DKI Jakarta mau melibatkan kepolisian untuk membahas tata ruang setiap bangunan yang akan dibangun seperti mal, perkantoran, atau apartemen.

Hal itu dilakukan, agar kepolisian bisa memberikan masukan tata letak untuk pintu masuk mal yang sebaiknya tidak berada di jalan protokol, seperti Plaza Semanggi, Pusat Grosir Cililitan, Atrium, City Walk, dan Mall Of Indonesia, La Piazza, Blok M Plaza.

"Jangan sampai pintu masuk mal malah jadi sumber penyempitan di jalan raya," tuturnya.

Kemacetan masih menjadi wajah keseharian ibukota. Bila tidak segera dibenahi, pada 2015, Jakarta yang diperkirakan akan mengalami macet total benar-benar akan terjadi.

Berdasarkan data yang ada, Jakarta memiliki luas wilayah 662 kilometer persegi dengan panjang jalan yang hanya 7.650 kilometer dan luas jalan 40,1 kilometer atau 0,26 persen dari luas wilayahnya.

Dengan data tersebut, Jakarta sudah tidak bisa mengimbangi jumlah kendaraan bermotor yang pertumbuhannya mencapai 9 hingga 15 persen per tahun. Sementara pertumbuhan jalan hanya 0,01 persen per tahun.  (adi)

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!
Penceramah di Bantul, Untung Cahyono

Alasan Untung Cahyono Ungkit Pemilu Curang di Khutbah Id: Jamaah Pulang Mungkin Kebelet Pipis

Untung Cahyono telah menyampaikan permohonan maaf atas khutbah Idul Fitri yang menyinggung isu pemilu curang hingga ditinggal jamaah, yang kemudian viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024