Motor Dibatasi di Jalur Angkutan Massal

Macet akibat banjir
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengaku telah diajak Pemerintah DKI membicarakan pembatasan sepeda motor untuk mengatasi kemacetan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Condro Kirono, memastikan memberi dukungan dengan rencana pembatasan kendaraan roda dua pada jam sibuk di ruas jalan tertentu itu.

Kata dia, pembatasan motor akan diberlakukan pada jam sibuk dan pada jalur yang sudah memiliki transportasi massal. Sehingga pengendara kendaraan roda dua, punya akses dan pilihan yang mudah untuk menggunakan angkutan umum, ketika diberlakukan pelarangan roda dua saat melintas di jalan tersebut.

"Tapi dengan catatan harus ada jalan alternatif lain untuk kendaraan roda dua," katanya saat dihubungi VIVAnews.com, Selasa 27 Juli 2010.

Pemerintah DKI juga diminta untuk membangun Parking and Ride pada jalur yang akan diberlakukan pembatasan jumlah motor. "Sehingga pengendara motor bisa parkir dan menggunakan transportasi massal," ungkapnya.

Selain itu Pemerintah DKI juga harus segera merealisasikan pembangunan transportasi massal yang maksimal seperti busway, MRT, dan subway.

Seperti diketahui, jumlah kendaraan roda dua dianggap sebagai biang kemacetan. Pertumbuhan motor setiap hari mencapai 900 unit. Di wilayah hukum Polda Metro Jaya pada tahun 2010, jumlah motor mencapai 8 juta unit dan mobil mencapai 3-4 juta unit. (adi)

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati
Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024