Geger Video Mobil Polisi Tabrak Mahasiswa

Screen shoot mobil polisi tabrak pejalan kaki
Sumber :
  • Youtube

VIVAnews - Setelah disibukkan dengan video Ariel, Luna Maya dan Cut Tari kini polisi kembali direpotkan dengan munculnya video mobil polisi yang menabrak mahasiswa. Polisi pun mengincar si pengunggah video.

Peredaran video ini cepat meluas ke publik setelah diunggah ke Internet. Video ini tersebar di Facebook, Twitter, Youtube, dan juga BlackBerry Messenger.

Di video terlihat sebuah mobil patroli melesat cepat dan menabrak seorang mahasiswa hingga terpental beberapa meter. Sebagian warga yang marah, kemudian melempari mobil yang langsung melesat pergi. Belakangan diketahui, korban adalah mahasiswa Atmajaya berinisial Apr dan berasal dari Jambi.

Kebenaran video ini dikonfirmasikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Boy Rafli Amar. “Kejadiannya sudah berlangsung pada 2008 lalu,” katanya kepada VIVAnews.com.

Saat itu, kata dia, sedang terjadi demonstrasi besar-besaran di sekitar Universitas Katolik Atmajaya, Jakarta, untuk menolak kenaikan harga bahan bakar minyak.

Di tengah demonstrasi, menurut versi Boy, sebagian peserta bertindak anarkis. Mereka membakar mobil Toyota Avanza berplat merah yang melintas di jalan.

Tak lama setelah pembakaran berlangsung, datanglah mobil polisi yang dikemudikan seorang anggota Polres Jakarta Barat. Mobil itu hanya ditumpangi seorang polisi yang menyetir kendaraan.

“Tiba-tiba mobil patroli dihadang. Karena khawatir dilempar bom molotov oleh orang yang menghadang, dia berusaha menghindar,” kata Boy.

Masih menurut versi Boy, saat si polisi mempercepat laju mobil patroli untuk menghindari aksi pembakaran, terjadilah kecelakaan itu. Salah satu demonstran yang ditengarai membawa bom molotov terserempet mobil.

“Saat itu posisi dia (polisi) terdesak,” kata Boy.

Setelah itu, petugas polisi yang mengemudikan mobil itu langsung menuju ke Polda Metro Jaya dan melaporkan insiden itu kepada atasannya.

“Memang setelah dicek, tidak ada korban jiwa, hanya terserempet,” kata Boy lagi.

Akan tetapi, menurut analisis Roy Suryo, video itu telah disunting sedemikian rupa. Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat ini menyatakan kejadian yang terekam pada 24 Juni 2008 itu memang benar ada. Namun, video yang tersebar saat ini sudah diedit ulang dan tidak sepenuhnya menggambarkan peristiwa yang sebenarnya.

Ditambahkan Roy, gambar di video yang kini beredar berasal dari dua kamera dari sudut berbeda. "Cuma diedit lagi. Sekarang ini kayak dibikin film," kata Roy Suryo, kepada VIVAnews.

Menurut Roy, proses penyuntingan juga telah menghilangkan adegan awal ketika sang mahasiswa akan melemparkan sesuatu ke arah mobil patroli polisi sebelum kemudian menabraknya.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Mabes Polri menyatakan akan mengusut penyebar video itu. Kepala Bidang Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Marwoto Soeto, mempertanyakan motivasi penyebaran video itu. 

"Ini bisa meresahkan masyarakat. Kita mau cari siapa sebenarnya yang menyebarkannya," kata Marwoto. "Saya minta tolong pada masyarakat untuk tidak menyebarkan hal-hal yang membuat citra polisi makin turun." (kd)

Ilustrasi sepeda motor Vespa

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Sepeda motor Vespa memiliki sejarah panjang dan menarik. Lahir di Pontedera pada tahun 1946, Vespa didirikan oleh Enrico Piaggio. Dibuat sebagai solusi transportasi yang

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024