Uji Coba Batasi Motor Digelar di Blok M-Kota

Sepeda Motor
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews –  Uji coba pembatasan peredaran sepeda motor pada jam-jam sibuk pada tahap pertama nanti, rencananya akan dilakukan di rute Blok M – Kota.

“Karena sarana transportasi publik di kawasan ini relatif bagus. Jalur ini merupakan rute Koridor I bus Transjakarta, Blok M - Kota,” kata Kepala Dinas Perhubungan Jakarta, Udar Pristono, Rabu, 28 Juli 2010.

Dengan demikian, kata Udar, pengguna sepeda motor dapat beralih menggunakan layanan bus Transjakarta. 

Menurut Udar, penerapan kebijakan pembatasan peredaran sepeda motor di jam sibuk, dapat mengurai kemacetan.

Ditanya kapan uji coba rute Blok M – Kota dilaksanakan, Udar belum menyebutkannya karena rencananya masih dimatangkan lebih dulu.

Ia menambahkan saat ini, Dinas Perhubungan tengah melakukan kajian secara mendalam bersama Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya mengenai rencana pembatasan peredaran sepeda motor pada jam sibuk.

Udar juga mengatakan sebelum penerapan kebijakan baru itu, pemerintah akan lebih dulu membenahi operasionalisasi bus Transjakarta. Di antaranya, dengan melakukan sterilisasi jalur busway di empat koridor yakni, Koridor I, IV, V, dan VI.

Ide pembatasan jumlah peredaran sepeda motor di jam sibuk sebelumnya dilontarkan Gubernur Jakarta, Fauzi Bowo.

Ia juga menyebut pesatnya pertumbuhan jumlah sepeda motor. Setiap hari, kendaraan roda dua baru yang beredar di jalanan Jakarta bertambah sekitar 900 unit. Lalu, jumlah mobil baru bertambah 240 unit.

"Tidak berimbang dengan luas jalan," kata Fauzi.

Tetapi, ide ini ditentang keras para pengguna sepeda motor. Mereka menilai pemerintah tidak bijak. Menurut mereka, harusnya mobil baru yang dibatasi.

“Bayangkan, mobil sebesar itu hanya ditumpangi satu atau dua orang. Merekalah yang mesti diatur,” kata Rudiansyah, pengurus Kelompok Sepeda Motor Jakarta.. “Coba perhatikan, hanya karena mereka pergi untuk makan siang, seluruh jalan Jakarta macet.”

Selain memicu macet, kata dia, mobil juga memakan banyak ruang. Mereka pulalah yang memicu pembangunan di lahan hijau demi jalan raya. (hs)

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024