BPBD DKI Peringatkan Cuaca Ekstrem Terjadi pada 24-26 Januari 2024

Ilustrasi cuaca ekstrem.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengingatkan kepada seluruh masyarakat, khususnya yang berada di Ibu Kota untuk waspada akan cuaca ekstrem pada 24-26 Januari 2024. Warga Jakarta diminta mewaspadai curah hujan yang tinggi dalam periode tersebut.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

"Waspada cuaca ekstrem Provinsi DKI Jakarta durasi 24-26 Januari 2024," tulis BPBD DKI Jakarta melalui instagram resmi @bpbddkijakarta, dikutip Minggu, 21 Januari 2024.

Ilustrasi cuaca ekstrem.

Photo :
  • VIVA
Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Dalam unggahannya, BPBD DKI pun merujuk data atau analisis terkini dari BMKG yang mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas Monsun Asia yang disertai potensi seruakan dingin sehingga dapat menyebabkan adanya peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan sebelah selatan ekuator, aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah turut memicu potensi peningkatan awan hujan.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Waspada cuaca ekstrem.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Serta terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di wilayah Laut Jawa dan Pulau Jawa bagian barat hingga bagian tengah yang disebabkan oleh adanya sistem tekanan rendah di sekitar Australia dan di Samudra Pasifik tenggara Papua.

Maka itu, BPBD DKI Jakarta mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan siaga guna mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem. Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya