Cegah Bentrok, Penertiban Rawasari Ditunda

Aksi Kubur Diri
Sumber :
  • Antara/Saptono

VIVAnews - Pengosongan lahan di kawasan Rawasari Selatan, RT 13 RW 2, Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat, terpaksa harus ditunda lagi untuk menghidari bentrokan saat penertiban dilakukan. Sejak bakal digusur, penundaan telah dua kali dilakukan dengan alasan keamanan.

"Pengosongan ditunda menunggu situasi kondusif. Tapi pada prinsipnya tetap akan dilakukan pengosongan" ujar Plh Walikota Jakarta Pusat, Fatahillah, Kamis 5 Agustus 2010.

Menurut Fatahillah, saat ini situasi di Rawa Kebo masih panas setelah warga mengetahui Pemkot Jakarta Pusat akan melakukan pengosongan terhadap lahan yang dihuni oleh 33 kepala keluarga itu.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Sejumlah Warga Rawa Kebo menyiapkan puluhan bambu runcing untuk mempertahankan lahan yang telah mereka tempati sejak puluhan tahun lalu dari proses pengosongan.

"Kami menyiapkan sejak pagi tadi, karena mendengar informasi penggusuran akan dilakukan sore ini" ujar warga bernama Noldi Manengkei.

Noldi juga mengatakan, seluruh warga penghuni lahan sudah sepakat untuk mempertahankan lahan habis-habisan.

Meski hingga sore tidak ada petugas Satpol PP yang datang untuk melakukan penertiban. Hingga petang tadi, puluhan warga masih melakukan penjagaan.

Bahkan jalan masuk wilayah tersebut dijaga sejumlah warga. Setiap orang yang tidak dikenal akan ditanyakan kepentingannya masuk kawasan tersebut.

"Surat perintah pengosongan ke tiga membuat kami siap dan berjaga-jaga selama 24 jam siang dan malam. Kami takut Satpol PP melakukan penggusuran," ujar Noldi.

Pemerintah Jakarta Pusat berjanji untuk melakukan pengosongan lahan yang dihuni 33 kepala keluarga ini. Sebanyak 200 personel gabungan akan melakukan penertiban.

Penertiban dilakukan Pemerintah DKI Jakarta berdasarkan bukti kepemilikan lahan berupa sertifikat tahun 1987. Sedangkan warga tidak memiliki.

Sebelumnya, warga telah ditawari uang kerohiman sebesar Rp 40 juta. Namun warga menolak dan tetap memilih untuk bertahan sampai uang kerohiman yang diminta warga disetujui. Jumlahnya mencapai Rp 1 miliar. (umi)

Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024