Pemkot Tangerang Uji Tera SPBU di Jalur Mudik

Petugas melakukan uji tera pada SPBU di jalur mudim tangerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) bersama UPTP Metrologi Legal Kota Tangerang melakukan uji tera sejumlah SPBU yang berada di jalur mudik kawasan Jakarta-Tangerang-Merak.

Kasi Perlindungan Konsumen dan Terbit Niaga Disperindagkop UKM Kota Tangerang Teguh Heriyadi mengatakan, uji tera tersebut dilakukan secara bertahap. Dimana, pada hari pertama uji tera berlangsung di dua SPBU rest area, yakni SPBU 34-15137 dan 34-15138.

"Kita cek SPBU di jalur mudik, dan hasilnya semua dalam kondisi baik dan sesuai standar atau aturan. Dan masih akan berlangsung di SPBU kawasan Jatiuwung sebagai akses jalan menuju Serang dan sekitarnya," katanya, Selasa, 2 April 2024.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Ilustrasi Tera meter SPBU.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Uji tera atau takar di sejumlah SPBU jelang mudik lebaran 2024 ini, dilakukan untuk memastikan mesin pengisian di SPBU dalam kondisi baik. Terlebih, sebagai upaya menghindari adanya praktik kecurangan yang bisa merugikan konsumen.

"Kegiatan uji tera rutin dilakukan. Namun, menjelang musim mudik lebaran, uji takar atau uji tera ke SPBU menjadi prioritas, khususnya yang berada di sepanjang jalur mudik," ujarnya.

Seluruh tim berupaya guna memastikan bahwa ketentuan penggunaan pompa ukur BBM sesuai ketentuan, kebenaran hasil pengukuran, penakaran hingga administrasi.

Hal ini lantaran jika tidak sesuai atau ada pengurangan dengan disengaja, maka konsumen bakal dirugikan. Apalagi volume kendaraan saat arus mudik pasti akan tinggi yang keluar masuk ke SPBU.

"Dari semua yang diperiksa sudah ikuti standar. Jadi dipastikan tidak ada kecurangan. Kalau terbukti berbuat curang, maka akan ditindak tegas sesuai aturan," ujarnya.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni
Pelaku pencurian rumah kosong saat mudik lebaran

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Pelaku merupakan orang kepercayaan korban. Kejadian diketahui saat korban kembali setelah mudik lebaran.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024