Pemprov DKI Tak Gelar Solat Idul Fitri di JIS

Salat Idul Fitri di Jakarta Internasional Stadium beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA/ Rahmat Fatahillah Ilham.

Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak menggelar salat idul fitri atau ied 1445 hijriah di Jakarta Internasional Stadium (JIS) tahun ini. 

Anggota Densus Diduga Kuntit Jampidsus Febrie, Cholil Nafis MUI Geram soal Masjid Terima Biksu

"Tak ada Shalat Id di JIS untuk tahun ini," kata Direktur PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Iwan Takwin kepada wartawan, Selasa, 9 April 2024.

Namun, Iwan tak menjelaskan secara detail terkait JIS tidak digunakan untuk salat Id.

Ketua MUI Cholil Nafis Kritik Masjid yang Terima Puluhan Biksu: Ini Kebablasan

Anies Baswedan saat tiba di area JIS untuk salat Idul Fitri

Photo :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

Di sisi lain, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono belum mengetahui apakah akan salat ied di halaman Balai Kota atau Masjid Istiqlal. 

Menteri Keamanan Klaim Yerusalem Termasuk Masjid Al-Aqsa Hanya Milik Israel

"Kalau tidak di sini (Balai Kota DKI), di Masjid Istiqlal," ujar Heru kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jumat, 5 April 2024.

Namun, Heru juga memastikan jika melaksanakan salat ied di halaman Balai Kota, maka akan diikuti oleh seluruh jajarannya.

"Iya jajaran juga di sini (Balai Kota DKI). Nanti open office sehabis Shalat Idul Fitri," pungkasnya.

Diketahui, pada lebaran Idul Fitri tahun 2023 lalu, Pemprov DKI juga tak melaksanakan salat Ied di stadium peninggalan eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan itu.

Salat Id di JIS dihadiri Gubernur Anies Baswedan dan para tokoh

Photo :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono telah melakukan diskusi dengan para karyawan atau aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta soal salat Idul Fitri.

"Saya sih simpel-simpel aja di Balai Kota, karena dari hasil obrol-obrol kebanyakan minta di Balai Kota, para karyawan ya, saya di sini," kata Heru Budi kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 6 April 2023.

Heru Budi mengaku mengikuti pilihan para ASN Pemprov DKI. "Iya, 'mau salat Id di mana sih teman-teman?' 'Di sini aja pak (Balai Kota) kita, gampang'. Ya udah saya ngikut, saya rasa sudah fix di Balai Kota," kata Heru.

Dia memutuskan untuk melaksanakan salat Idul Fitri 2023 di Masjid Fatahillah Balai Kota DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya