Usai Lebaran, 3 Pintu Tol di Semanggi Ditutup

Ilustrasi Jalan Tol Dalam Kota.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menutup tiga pintu tol di kawasan Semanggi yang dinilai menjadi penyebab kemacetan.

Pintu tol itu adalah pintu keluar Tol Semanggi 2 dan pintu masuk Tol Semanggi 1 dan pintu masuk Tol Tebet 2. Penutupan dilakukan usai Lebaran.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono. Menurutnya, saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Jasa Marga untuk penutupan pintu Tol Dalam Kota baik masuk maupun keluar.

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Resmi Ditahan KPK, Begini Awal Mula Kasus Korupsinya

"Pihak Jasa Marga tidak merasa keberatan terkait penutupan tersebut. Semoga usai Lebaran sudah bisa dilakukan penutupan," jelasnya.

Langkah itu merupakan upaya dari Pemprov DKI dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya guna mengurai kemacetan.

Berdasarkan kajian dan evaluasi Dishub, kata Udar, ketiga pintu Tol Dalam Kota baik masuk maupun keluar itu menyebabkan penumpukan kendaraan saat masuk dan keluar pintu tol.

"Sebagai jalan keluar untuk mengurai kemacetan, sejumlah pintu tol baik masuk maupun keluar harus ditutup," katanya.

Hal senada juga diungkapkan, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Condro Kirono. Dia mencontohkan, pintu keluar Tol Semanggi 2 yang jaraknya terlalu berdekatan dengan kawasan SCBD.

Kendaraan yang keluar dari kawasan SCBD bertemu dengan kendaraan yang keluar tol tersebut.  "Sehingga terjadi penumpukan kendaraan," tambahnya.

Hal serupa juga terjadi pintu masuk Tol Semanggi 1 yang terletak di depan Plaza Semanggi. Sebab jaraknya terlalu dekat dengan putaran Semanggi.

Kendaraan yang dari arah Slipi mengarah ke Cawang bertemu dengan antrean kendaraan yang hendak masuk pintul Tol Semanggi 1.

Pintu Masuk Tol Senayan juga berdekatan dengan putaran Semanggi dari arah Cawang menuju Slipi.

Hal itu mengakibatkan penyempitan di ruas jalan tersebut. "Di kanan, jalan sudah dipenuhi dengan kendaraan yang mau masuk tol. Di kiri, kendaraan sudah mengantre ke Semanggi. Sehingga kendaraan lain dari arah Cawang yang lurus ke Slipi tersendat," ujarnya.

Comeback, Natasha Rizky Ungkap Alasan Kenapa Baru Mau Main Film Lagi
Tukang Parkir Liar di Bekasi Serobot Lahan Warga, Ditegur Malah Ngamuk

Tukang Parkir Liar di Bekasi Serobot Lahan Warga, Ditegur Malah Ngamuk

Aksi tukang parkir liar menyerobot lahan milik warga di Jalan Belimbing Raya, Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara untuk disulap jadi lahan parkir viral di media sos

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024