Jumlah Pemudik Tahun Ini 2,2 Juta Orang

Mudik Lebaran 2008 - 4
Sumber :
  • AP Photo/Tundra Laksamana

VIVAnews -Tradisi mudik Lebaran sudah berlangsung bertahun lampau. Saban tahun jumlahnya terus meningkat. Tahun 2009 lalu, jumlah pemudik ke seluruh tujuan di Indonesia, sejumlah 2,1 juta orang. Tahun ini jumlahnya 2,2 juta.

Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia

Rupa-rupa angkutan yang dipakai untuk pulang kampung. Dari pesawat, kereta, bus, mobil pribadi, hingga kendaraan roda dua. Untuk mudik kali ini pemerintah menambah jumlah kereta api.

Pemerintah DKI akan mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik tahun ini dengan menyiapkan sedikitnya 6.114 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Henda Sunugroho, mengatakan, bus yang disediakan terdiri dari bus reguler AKAP DKI sebanyak 2.435 unit, sisanya 3.157 unit bus AKAP disediakan dari luar DKI.

Sedangkan, bus bantuan yang akan dikerahkan sebanyak 280 unit, berasal dari tujuh perusahaan otobus. "Tahun lalu, jumlah armada yang disediakan sebanyak 6.106 bus," ujarnya, Sabtu 14 Agustus 2010.

Tahun iniĀ  28 kapal laut juga akan membantu mengangkut para pemudik pulang kampung. Kapal-kapal itu ampu mengangkut 29.587 penumpang. Kereta api sebanyak 221 rangkaian dengan 44 lokomotif akan mampu mengangkut 38.706 penumpang, dan pesawat udara 22 armada dengan kapasitas penumpang sebanyak 30.786 penumpang.

Semenatar Kepolisan Daerah Metro Jaya mengimbau agar para pemudik tidak menggunakan sepeda motor. Pasalnya, kendaraan roda dua itu kurang nyaman untuk perjalanan jauh. Trend kecelakaan dari tahun ke tahun di kalangan pemudik kendaraan roda dua juga terus meningkat.

Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, angka kecelakaan lalu lintas pengguna kendaraan roda dua saat mudik lebaran pada tahun 2008 sebanyak 337 kecelakaan, sedangkan pada tahun 2009 jumlahnya meningkat menjadi 417 kecelakaan.

Guna meminimalisir kecelakaan saat mudik lebaran, perusahaan-perusahaan menyediakan acara mudik bareng menggunakan Bus dan Truk.

Polda juga telah membentuk satgas khusus untuk sosialisasi kepada perusahaan terkait himbauan untuk tidak menggunakan sepeda motor saat mudik. Pihaknya juga meminta PT KA (Kereta Api) menyediakan gerbong khusus untuk mengangkut sepeda motor para pemudik.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?
Lee Mijoo Lovelyz.

Plot Twist, Lee Mijoo Jalin Asmara dengan Pesepakbola Top Song Bum-keun

Biz Enter melaporkan Lee Mijoo mengunjungi Jepang untuk bertemu dengan Song Bum-keun yang saat ini sedang merumput di salah satu klub sepakbola di Jepang, Shonan Bellmare

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024