Bakal Turun Tangan Tertibkan Jukir Liar di Jakarta, Kombes Latif: Kalau Maksa Itu Pidana

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman (tengah)
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

Jakarta – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menjelaskan bahwa pihaknya akan turun tangan dalam melakukan penertiban juru parkir liar di wilayah DKI Jakarta. Pasalnya, masalah juru parkir liar itu merupakan tanggung jawab bersama.

Sudirman Said Bakal Maju Pilgub DKI Jalur Independen

"Jadi gini ya, masalah parkir liar ini masalah ketertiban umum. Dalam artian tugas dan tanggungjawab kita bersama," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan di Jakarta Selatan, Kamis 9 Mei 2024.

Viral pegawai minimarket ribut dengan juru parkir liar

Photo :
  • X | Pai_C1
Ahok: Gubernur Jakarta Harus jadi Pelindung Warga

Latif menyebutkan bahwa upaya tersebut dilakukan juga sebagai bentuk mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menertibkan juru parkir liar.

"Kalau dari polantas khususnya kepolisian pasti akan dukung dan kita akan ikut apa yang dilakukan pemerintah daerah. Masalah ketertiban ini akan kita laksanakan dan ini untuk mem-back up, kita akan lakukan backup terkait kegiatan tersebut," ucap Latif.

Profesor Ilmu Politik Sayangkan jika Sri Mulyani Jadi Calon Kepala Daerah

Perwira menengah itu mengatakan bahwa akan menindak tegas bagi para jukir jika memaksa untuk memberikan tarif parkir. Sebab, upaya pemaksaan itu termasuk dalam tindak pidana dan akan diproses secara hukum.

"Kalau sudah melakukan pemaksaan, melakukan pemalakan, itu sudah ranah pidana," sebutnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengaku bakal menertibkan juru parkir liar yang meresahkan warga di minimarket.

Untuk itu, Heru akan meminta kepada Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dan Satpol PP menertibkan permasalahan tersebut.

"Jadi saya sudah minta Trantib sama Dishub untuk ditertibkan juru parkir liar, sudah mulai operasi kemarin,” ujar Heru kepada wartawan di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Mei 2024.

Heru menilai kehadiran juru parkir liar di minimarket memang meresahkan masyarakat, khususnya di Jakarta.

"Ya kalau di minimarket kan ada tulisan gratis, ya jangan memaksa, jangan bikin warga itu resah. Mulai kemarin sudah saya perintahkan Trantib dan Dinas Perhubungan,” tegas Heru.

Juru parkir minimarket diusir

Photo :
  • Tangkapan layar instagram.com/memomedsos

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu tidak menampik penertiban jukir liar minimarket akan menghilangkan mata pencaharian yang bersangkutan. Maka itu, permasalahan hilangnya mata pencaharian jukir liar menjadi persoalan yang perlu diatasi Pemprov DKI Jakarta.

“Ya itu salah satu problem yang harus diatasi. Ya pelan-pelan kita lihat, kita berikan juga, kalau bisa, pekerjaan kepada mereka," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya