Heboh Kasus Pernikahan Pria dan Waria di Halmahera Selatan, Polisi Turun Tangan

Ilustrasi pernikahan sejenis.
Sumber :
  • http://beritawonganteng.blogspot.com

Halmahera SelatanHeboh kasus pernikahan sesama jenis antara pria di Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara (Malut). Pernikahan antara pria dan waria itu dilakukan oleh pria Naim Saban (25) dan Wanita Pria (waria) bernama Dela La Udin alias Jurnal (25).

Permintaan Rehabilitasi dari Keluarga Usai Virgoun Tertangkap Nyabu

Menurut informasi, pernikahan sesama jenis itu digelar di Desa Sekly, Kecamatan Gane Barat Selatan, Halmahera Selatan, Rabu 15 Mei 2024 pukul 09.00 WIT. Pernikahan mereka menjadi heboh setelah tersebar foto lama Dela La Udin alias Jurnal yang memperlihatkan dirinya ternyata merupakan seorang pria tulen.

Ilustrasi komitmen pernikahan

Photo :
  • Pixabay
Hasil Tes Urine Virgoun Positif Sabu, Identitas Pemasok Narkoba Terungkap

Dari kehebohan itu, membuat pihak kepolisian turun tangan. Kepolisian Resort Halmahera Selatan mengaku segera mengusut kasus pernikahan sesama jenis antara pria dan waria tersebut.

Kasat Reskrim Polres Halmahera Selatan Iptu Roy Sobar mengatakan, pihaknya mendalami kasus tersebut berdasarkan aduan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Halsel.

Polisi Sebut Uang Palsu Rp 22 M Buat Ganti Uang yang Dimusnahkan BI

"Benar, kita dalami dulu. Hal itu berdasar pengaduan Kemenag. Hasilnya nanti berdasarkan penyelidikan," ungkap Iptu Roy saat dihubungi, Senin 20 Mei 2024.

Dia menjelaskan bahwa penyelidikan akan dilakukan berdasarkan laporan terkait dugaan penipuan identitas yang dilakukan pria bernama Dela La Udin alias Jurnal. Penyelidikan akan dilakukan dengan terlebih dulu memeriksa saksi untuk menentukan apakah kasus tersebut masuk dalam unsur penipuan identitas.

"Pengaduan Kemenag itu terkait penipuan identitas diri, tapi nanti kami dalami lagi berdasarkan keterangan para saksi, nanti apakah masuk unsur atau tidak," jelasnya.

Menurut Roy, terbongkarnya identitas asli dari waria ini saat beredarnya foto SMA yang memperlihatkan kalau Dela La Udin adalah laki-laki. Sehingga, pihak bidan setempat dan penata rias pengantin diperintahkan untuk memastikan itu dan ternyata benar Dela adalah pria tulen.

"Awalnya pengantin pria gak tahu kalau istrinya itu pria, sampai setelah nikah, baru dia mau pastikan dan dicek sama penata rias dan bidan ternyata benar Dela ini adalah laki-laki," ungkapnya.

Ketidaktahuan di awal terkait identitas asli itu, kata Roy, membuat keluarga pengantin pria langsung menggelar acara nikahan dengan meminta seorang imam di desa setempat untuk menikahkan mereka. Namun, saat sang Imam meminta kartu tanda penduduk (KTP) sang waria ini mengaku tidak membawa alias lupa sehingga dirinya hanya mengaku jika dirinya adalah perempuan single.

"Awalnya datang ke Pak Imam yang menikahkan mereka. Disitu sempat ditanya sama pak Imam, tapi waria ini mengaku perempuan terus dia bilang KTP-nya ketinggalan di desa Weda," katanya.

Ilustrasi pernikahan.

Photo :
  • Freepik

Roy menyebut bahwa dari keterangan warga setempat, ternyata waria Dela sempat mengelabui pak Imam yang menikahkan dengan cara menyewa orang lain untuk mengaku sebagai saudara alias kakaknya. Dari keterangan itu, Dela disebut memerintahkan saudara bohongannya agar mengaku sebagai keluarga dan menyebut Dela adalah calon mempelai wanita.

"Ternyata sebelum menikah waria (Dela) sempat menyewa orang atau temannya untuk mengaku sebagai saudara. Jadi pada saat mau dinikahkan, pak Imam mencoba kroscek lewat telpon dan saudara bohongan itu mengaku jika benar adiknya perempuan bernama Dela yang akan menikah. Jadi dia (Dela) sudah mengatur jauh hari sebelum menikah," katanya.

Saat ini, Iptu Roy pun mengaku masih mendalami dengan memeriksa saksi dan bukti yang merujuk pada pidana berdasarkan aduan yang diterima. "Hasil penyelidikan nanti. Kita dalami dulu," terangnya.

Sebelumnya telah heboh pernikahan sesama pria di media sosial (medsos). Pernikahan antara pria dan waria itu baru terungkap setelah beredar foto lama Dela di media sosial yang memperlihatkan dirinya adalah laki-laki.

Kasus tersebut menjadi heboh setelah pernikahan digelar di Desa Sekly, Kecamatan Gane Barat Selatan, Halmahera Selatan, Rabu 15 Mei 2024. Menurut keterangan warga setempat, waktu pernikahan Dela sempat terlihat anggun nan cantik layaknya wanita pada umumnya.

Namun, seiring berjalannya waktu sehari selepas pernikahan, barulah terungkap ternyata pernikahan itu sesama jenis. Hal itu terbukti lantaran adanya foto Dela yang menampilkan sebagai laki-laki dengan tampilan berseragam SMA dan rambut pendek.

Untuk memastikan isu yang beredar, warga setempat akhirnya meminta pihak yang merias wajah pengantin dan bidan setempat untuk mengecek dan memastikan jenis kelamin Dela. Hasilnya, benar Dela La Udin alias Jurnal adalah laki-laki tulen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya