Pelindo Siapkan 21 Kapal Pemudik

Pemudik Kapal Laut Mulai Ramai Tinggalkan Jakarta : Pelabuhan Tanjung Priok
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pengelola Pelabuhan Tanjung Priok, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, menyiapkan 21 armada kapal untuk mengangkut para pemudik.

"Angkutan Lebaran ini akan berlangsung selama dua minggu. Tujuannya ke barat sampai timur Indonesia," kata Manajer Pelayanan Pelanggan dan Humas Pelabuhan Tanjung Priok, Hambar Wiyadi, Rabu, 18 Agustus 2010.

Hambar menambahkan layanan kapal angkutan lebaran ditangani enam operator, di antaranya PT Pelni, KM Ganda Dewata, KM Ferindo V, dan KM Sinabung.

Semua kapal, kata dia, kini dalam kondisi siap. Seperti KM Ganda Dewata yang telah siaga di dermaga 105. Kapal ini mampu mengangkut 100 kendaraan roda empat dan 1.000 kendaraan roda dua.

Kemudian, KM Ferindo V dengan daya tampung 150 unit kendaraan roda empat dan 1.000 unit kendaraan roda dua dengan jadwal keberangkatan 7 September dari Tanjung Priok dengan tujuan Tanjung Emas, Semarang, dan, Tanjung Perak Surabaya.

Menurut Hambar, petugas khusus angkutan Lebaran juga sudah siap melayani penumpang selama 24 jam penuh dalam tiga shift. Termasuk di antaranya petugas pemadam kebakaran yang berjumlah 40 orang, lengkap dengan kendaraan pemadam sebanyak empat unit.

"Di samping itu tersedia pula tenaga paramedis yang terdiri dari satu orang dokter dan empat tenaga medis lainnya yang dilengkapi peralatan kesehatan," katanya.

Lebih lanjut, Hambar memperkirakan jumlah pemudik yang menumpang kapal laut akan meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan itu, kata dia, akan terjadi dua pekan sebelum perayaan Idul Fitri.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Laporan | Arnes Ritonga | Jakarta Utara

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024