Titik Banjir di Jakarta Bertambah jadi 31 RT, Ini Daftarnya

Titik banjir di Jakarta (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan jumlah titik wilayah rukun tangga (RT) yang tergenang banjir bertambah menjadi 31. Data 31 RT terendam banjir itu dilaporkan hingga Sabtu, 25 Mei 2024 pukul 08.00 WIB.

Cegah Biaya Logistik Naik, Menhub Dorong Pelindo Percepat Penanganan Rob di Pelabuhan Tanjung Emas

"BPBD mencatat genangan yang terjadi mengalami kenaikan dari 21 RT menjadi 31 RT atau 0,101% dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," demikian keterangan BPBD DKI Jakarta.

BPBD menjelaskan ada sebanyak 10 RT yang terendam banjir di wilayah Jakarta Selatan. 6 RT di antaranya terdapat di wilayah Kelurahan Rawajati dengan ketinggian mencapai 80-90 centimeter.

Empat Provinsi Siaga Potensi Banjir hingga 20 Juni 2024, Menurut BMKG

Kemudian, untuk kelurahan Pejaten Timur ada 4 RT yang terendam banjir. Banjir melanda wilayah tersebut dengan ketinggian paling tinggi 260 centimeter.

Ilustrasi banjir di Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Hujan Membawa Berkah

Adapun 18 RT di wilayah Jakarta Timur terendam banjir. Terdapat salah satu RT yang terendam banjir hingga ketinggian 120 centimeter.

Lalu, sebanyak 3 RT di wilayah Jakarta Utara terdampak banjir karena guyuran hujan sejak Jumat malam. BPBD Jakarta dan petugas gabungan juga sudah mengerahka personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah.

"Mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat," lanjut keterangan BPBD Jakarta.

BPBD Jakarta mengimbau warga Jakarta agar tetap waspada terhadap adanya banjir. Warga yang terdampak diminta segera melapor jika wilayahnya terdampak banjir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya