Pelecehan Seks Paskibraka, Dinas DKI Bungkam

Upacara HUT RI
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf/

VIVAnews – Saat ini, Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Jakarta memilih bungkam untuk sementara terhadap kasus pelecehan seksual yang diduga dialami anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) putri.

“Saya telah diinstruksikan atasan agar tidak banyak bicara dulu, sampai hasil investigasi kasus ini selesai,” kata Kepala Bidang Kepemudaan Disorda Jakarta, Firmansyah, Jumat, 20 Agustus 2010.

Sebelumnya, Firmansyah menyatakan sulit mempercayai adanya kasus pelecehan seksual sebagaimana diadukan beberapa orang tua anggota Paskibraka kepada Disorda.

Karena, kata Firmansyah, kalau kasus pelecehan itu benar, seharusnya anggota Paskibraka putri tidak nyaman mengikuti upacara HUT RI 17 Agustus 2010. Tapi, lanjut dia, kenyataannya mereka semua tetap bersemangat mengikuti upacara.

Sementara itu, tadi pagi, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta pemerintah Jakarta tidak mempetieskan kasus itu. Dan komisi mendesak Gubernur Fauzi Bowo segera menuntaskannya.

“Usut secara tuntas dan terbuka kasus ini agar bisa menjadi pembelajaran bagi semua pihak di masa mendatang,” kata Hadi Supeno, Ketua KPAI, dalam siaran pers yang diterima VIVAnews.com.

Dugaan pelecehan seksual itu mengemuka setelah ada laporan orangtua Paskibraka asal kontingen Jakarta angkatan 2010. Mereka melaporkan putrinya menjadi korban pelecehan seksual saat mengikuti Orientasi Pelatihan Paskibraka di Cibubur, 2-6 Juni 2010.

Menurut keterangan para orangtua yang disampaikan kepada Disorda, anggota Paskibraka putri diperintahkan berlari dengan hanya memakai handuk dari barak (kamar tidur) ke kamar mandi yang berjarak sekitar 10 meter. Perintah itu juga dilakukan saat mereka keluar dari kamar mandi dan kembali ke kamar tidur. (adi)

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024
Gedung BNI.

BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BBNI akan menerbitkan surat utang senior dalam denominasi dolar Amerika Serikat atau global bond.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024