Pengamat: Ledakan Cikini Bukti Kelalaian DKI

Lokasi ledakan gas di Jalan Cikini, Jakarta Pusat
Sumber :
  • VIVAnews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Ledakan gas di delapan titik di Cikini, Jakarta Pusat, diduga kuat berasal dari biogas. Biogas, yang diproduksi dari sampah-sampah itu membuktikan kurangnya pemeliharaan saluran gorong-gorong di Jakarta.

"Sekali lagi, itu menunjukkan bahwa sistem pemeliharaan gorong-gorong di Jakarta dalam kondisi yang sangat parah," kata pengamat perkotaan dari Universitas Trisakti, Yayat Supriyatna, dalam perbincangan dengan VIVAnews.

Menurut Yayat, itu artinya pemeliharaan gorong-gorong itu menjadi sesuatu yang telah lama diabaikan. Dan ledakan itu merupakan salah satu implikasinya.

Padahal, tanda-tanda terabaikannya pemeliharaan gorong-gorong itu sudah lama terlihat. Pertama dari genangan air yang muncul di beberapa titik di Jakarta bila curah tinggi. "Kedua, sekitar 60 persen gorong-gorong di Jakarta ini adalah tertutup," kata dia.

Yayat melanjutkan, sistem gorong-gorong yang baik dan terbuka itu semestinya mengikuti jaringan jalan raya. Tetapi sayangnya, tidak semua jaringan jalan raya memiliki sistem drainase.

Yayat menilai, akumulasi biogas itu bukan hanya dari gorong-gorong saja, tapi juga dari peningkatan jumlah bangunan yang menutupi badan-badan air. Kondisi itu diperparah dengan sistem pengelolaan sampah yang buruk.

"Ini menunjukkan bahwa akumulasi ledakan itu karena kelalaian dalam pemeliharaan. Kita ini sudah sangat parah dalam pengelolaan infrastruktur kota," sesalnya.

Usai ledakan terjadi, Gubernur Jakarta, Fauzi Bowo langsung memerintahkan aparat untuk menginvestigasi kasus itu. Menurut Fauzi kasus seperti itu baru kali ini terjadi di Ibukota.

"Investigasi ini tanggung jawab polisi. Tim terdiri dari tiga komponen: Gegana, pemerintah DKI, dan  Puslabfor Polri," kata Fauzi saat meninjau lokasi kejadian di depan SPBU Cikini, kemarin.

Fauzi tak bersedia bicara banyak soal penyebab ledakan gas secara beruntun di bawah permukaan Jalan Cikin Rayai itu, yang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB tadi. “Berikan waktu bagi tim untuk menyelidiki," ujar Gubernur yang akrab disapa Foke ini. (umi)

Barikade 98 Ajukan Amicus Curiae, Minta Hakim MK Putuskan Sengketa Pilpres Secara Adil
Lahan terlantar di dunia

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini

Saat ini hutan belantara ini telah berubah menjadi kota hantu di mana tidak ada yang tumbuh dan tidak ada yang hidup. Berikut adalah 10  lahan terlantar di muka  bumi ini

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024